Mendag Pastikan Harga Minyak Goreng Terjangkau Bagi Masyarakat

- 4 Januari 2022, 19:46 WIB
Presiden Jokowi beri perintah kepada Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi untuk siasati kenaikkan harga minyak goreng
Presiden Jokowi beri perintah kepada Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi untuk siasati kenaikkan harga minyak goreng /Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden/

ARAHKATA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan harga minyak goreng di pasaran tetap terjangkau.

Upaya konkret yang telah dilakukan yakni menyalurkan minyak goreng kemasan sederhana yang dibanderol dengan harga Rp14.000 per liter di berbagai wilayah di tanah air dalam beberapa waktu mendatang.

Kemudian Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi pun sudah memastikan stok minya goreng dipasaran aman.

Baca Juga: Harga Minyak Goreng Tinggi, Jokowi Perintahkan Mendag Operasi Pasar

"Kami memastikan stok minyak goreng tetap tersedia dengan harga terjangkau sehingga masyarakat dapat memperoleh minyak goreng di semua pasar baik ritel modern maupun di pasar tradisional,” ucapnya Selasa, 4 Desember 2021.

Sebelumnya juga Presiden Joko Widodo sudah memerintahkan Mendag untuk melakukan operasi pasar dan memenuhi dulu kebutuhan minyak goreng bagi dalam negeri sebelum melakukan ekspor.

Penyaluran minyak goreng kemasan sederhana merupakan respons pemerintah terhadap kenaikan harga minyak goreng belakangan ini.

Baca Juga: Mendag: Tren Surplus Neraca Perdagangan Terus Berlanjut

Dalam memastikan keberlanjutan ketersediaan minyak goreng kemasan sederhana tersebut, pemerintah akan menggunakan subsidi yang berasal dari Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit.

Kemudian, Kemendag telah melakukan koordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan yang lainnya dari mulai pusat hingga daerah.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x