Sah! PBNU Tetapkan Bulan Rajab 1443 H Pada 3 Februari 2022

- 3 Februari 2022, 12:47 WIB
Doa Menyambut Bulan Rajab yang Viral di TikTok .lirik sholawat Rajab Sya'ban Ramadhan, Syair Bulan Rajab - Az Zahir, arab, latin dan artinya.*
Doa Menyambut Bulan Rajab yang Viral di TikTok .lirik sholawat Rajab Sya'ban Ramadhan, Syair Bulan Rajab - Az Zahir, arab, latin dan artinya.* /sofdoug/Pixabay

ARAHKATA - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menetapkan awal Rajab 1443 H jatuh pada Kamis, 3 Februari 2022 M.

Keputusan awal Rajab pada Kamis, 3 Februari 2022, didasarkan laporan tim rukyat yang tidak melihat hilal di seluruh Indonesia, pada Selasa Pon 29, Jumadal Akhirah 1443 H atau 1 Februari 2022.

Dari 22 titik lokasi rukyatul hilal bil fi'li yang tersebar di delapan provinsi, tidak satu pun yang berhasil melihat hilal dalam pembantu awal Rajab.

Baca Juga: Simak! Profil Gus Yahya, Ketua Umum PBNU Terpilih Periode 2021-2026

Hal itu dikatakan Wakil Ketua Umum PBNU Bidang Keagamaan dan Hubungan Lembaga KH Zulfa Mustofa.

“Dengan demikian, maka umur bulan Jumadal Akhirah digenapkan (istikmal) 30 hari," ucapnya dikutip Arahkata pada Kamis, 3 Februari 2022.

Seperti diketahui, bulan Rajab adalah salah satu bulan yang dimuliakan Allah, selain Dzulqadah, Dzulhijjah, dan Muharram.

Baca Juga: Hasil Muktamar NU: Gus Yahya Terpilih Jadi Ketua Umum PBNU

Sedangkan salah satu amalan yang disunnahkan dalam bulan Rajab adalah berpuasa, yang dilakukan hanya selama beberapa hari saja dan tidak boleh dilakukan selama satu bulan penuh.

Puasa Rajab merupakan ibadah yang memiliki keutamaan. Sebagai salah satu bulan yang mulia, bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang dimuliakan dan diabadikan dalam surat At Taubat ayat 36.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x