Kemenag Adakan Imtihan Wathoni Bagi Ribuan Santri Tahun Ajaran 2022

- 17 Februari 2022, 22:38 WIB
Ilustrasi Santri
Ilustrasi Santri /ANTARAFOTO

ARAHKATA - Kementerian Agama (Kemenag) akan segera mengadakan Imtihan Wathoni atau Ujian Akhir Berstandar Nasional yang diperuntukan bagi santri Pendidikan Diniyah Formal (PDF) tahun ajaran 2022.

Diketahui hingga saat ini, terdapat 3 jenjang PDF yang terdiri dari Ula ( MI/SD), Wustha (MTs/SMP), dan Ulya (MA/SMK/SMA).

Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhan, Imtihan Wathoni akan diselenggarakan 3 hari pada 26-28 Februari mendatang.

Baca Juga: Ramai Penipuan Bantuan Ponpes, Kemenag Angkat Suara

Selain itu, sebanyak 6.219 santri dari 86 PDF akan mengikuti ujian ini.

"Penyelenggaraan Imtihan Wathoni bertujuan mengukur capaian kompetensi santri PDF selama mengikuti proses pembelajaran. Sudah tentu dalam pelaksanaannya akan mematuhi protokol kesehatan," katanya, Kamis 17 Februari 2022.

Disamping itu, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Waryono, menjelaskan jika Imtihan Wathoni tahun ini merupakan yang kelima.

Baca Juga: Menag Usulkan Segini Biaya Naik Haji Tahun Ini!

Sebelumnya, Imtihan Wathoni diadakan untuk pertama kali pada 2018 lalu, dengan diikuti oleh 827 santri, dan meningkat terus meningkat setahun kemudian.

"Dari tahun ke tahun, penyelenggaraan Imtihan Wathoni terus mengalami peningkatan, dari sisi jumlah peserta dan model yang digunakan," katanya.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x