Menag Usulkan Segini Biaya Naik Haji Tahun Ini!

- 17 Februari 2022, 18:54 WIB
Menag Yaqut Cholil Qoumas usulkan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) sebesar Rp45 juta dengan alasan begini.
Menag Yaqut Cholil Qoumas usulkan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) sebesar Rp45 juta dengan alasan begini. /Dok. Sekretariat Kabinet./

ARAHKATA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengusulkan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) tahun 1443 H /2022 M senilai Rp45.053.368,00.

Usulan itu telah disampaikan kepada Komisi VIII bidang keagamaan Dewan Perwakilan Rakyat Repulik Indonesia.

Menag mengatakan, kebijakan komponen Bipih tersebut diambil dalam rangka menyeimbangkan antara besaran beban jemaah dengan keberlangsungan penyelenggaraan ibadah haji di masa yang akan datang.

Baca Juga: Menag Apresiasi Penggunaan Candi Borobudur-Prambanan untuk Kegiatan Agama

Usulan Kemenag ini sudah disampakan kepada Komisi VIII DPR RI melalui Surat Nomor MA/ 042/2022 tanggal 14 Februari 2022 perihal Usulan BPIH Reguler dan Khusus Tahun 1443H/2022M.

Untuk BPIH reguler, ada dua komponen, yaitu komponen yang dibebankan langsung kepada jemaah haji, dan komponen yang dibebankan kepada dana nilai manfaat (optimalisasi), dana efisiensi haji, dan sumber lain yang sah.

Menag mengatakan, pemerintah mengedepankan prinsip rasionalitas, kewajaran harga, dan kualitas layanan dalam pembiayaan komponen BPIH.

Baca Juga: Heboh! Naik Haji Virtual Lewat Metaverse, MUI Angkat Suara

Untuk komponen operasional di dalam negeri, biaya haji disusun sesuai Standar Biaya Masukan (SBM) yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan.

Sedangkan untuk komponen di Arab Saudi, dasar pembiayaannya menggunakan Ta’limatul Hajj Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah