Keren! Wayang Kulit Bahasa Jepang Tampil di IFD Osaka 2022

- 8 Maret 2022, 10:44 WIB
Pagelaran wayang kulit Ki Warseno Slank di Pondok Pesantren Ora Aji, Sleman, Jogyakarta yang berbuntut somasi dari Kompak Anti PKI
Pagelaran wayang kulit Ki Warseno Slank di Pondok Pesantren Ora Aji, Sleman, Jogyakarta yang berbuntut somasi dari Kompak Anti PKI /Tangkapan YouTube Pojok Tradisi/

ARAHKATA - Indonesia Friendship Day 2022 (IFD 2022), adalah Hari Persahabatan Indonesia dan Jepang yang kali ini diadakan di Osaka.

Dalam kesempatan tersebut pentas budaya kembali ditampilkan untuk saling menguatkan diplomasi Indonesia dan Jepang.

Adapun pentas budaya Indonesia yang ditampilkan adalah pagelaran wayang kulit dengan bahasa Jepang.

Baca Juga: Dedi Mulyadi Tanggapi Video 'Wayang Haram' dari Ustadz Khalid Basalamah

Pagelaran Wayang Kulit Virtual berbahasa Jepang itu dengan lakon 'Bimo Bumbu' dibawakan oleh Ki Dalang Rofit Ibrahim bersama Grup Hannajoss.

Sebelum dimulainya Pagelaran Wayang Kulit, Grup Hannajoss menampilkan Tari Jathilan atau Kuda Lumping yang merupakan tarian tradisional asal wilayah Ponorogo, Provinsi Jawa Timur.

Acara juga dimeriahkan oleh penampilan Tari Topeng Kelana dari salah satu mahasiswa anggota Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Osaka.

Baca Juga: Ustadz Khalid Basalamah Minta Maaf Atas Ucapan 'Wayang Haram'

Ki Dalang Rofit Ibrahim menguraikan Lakon Bimo Bumbu tentang upaya Bima, salah satu tokoh Pandawa Lima, yang mengalahkan raksasa Prabu Boko yang gemar memakan manusia.

Demi memudahkan misinya, tubuh Bima dibaluri masakan tradisional bothok untuk mengecoh raksasa itu.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah