Ramadhan 1443, Menag Ajak Umat Muslim Indonesia Perbaiki Kualitas Diri

- 3 April 2022, 12:18 WIB
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. /kemenag.go.id

ARAHKATA - Pemerintah sudah menetapkan 1 Ramadhan 1443 H jatuh pada Minggu, 3 April 2022.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengajak umat Muslim mejadikan bulan Ramadhan ini sebagai momentum untuk memperkuat solidaritas dan membersikan residu manusiawi. 

"Ramadan adalah momen kita menata dan memperbaiki kualitas diri. Kita dibina dan dididik untuk menjadi muslim yang tunduk dan patuh terhadap perintah Allah. Kita juga dibiasakan untuk membangun solidaritas dengan sesama," ucap Yaqut, Sabtu 2 April 2022.

Baca Juga: Menteri Arab Saudi Berkunjung ke Indonesia, Menag: Perkuat Hubungan Dua Negara

Menurutnya solidaritas dengan sesama ini dapat terwujud bila seseorang mampu menghilangkan kesombongan dari dirinya. Ini merupakan bagian residu manusiawi yang perlu dibersihkan. 

"Adalah kesombongan ketika menganggap diri kita lah yang paling benar, sementara orang lain selalu salah. Adalah kesombongan ketika menganggap diri kita yang paling jujur, sementara orang lain pasti berlaku curang," sambungnya.

Adapun Yaqut berharap masyarakat dapat mengambil hikmah di bulan suci Ramadhan untuk membersihkan residu manusiawi tersebut. 

Baca Juga: Sambangi Menteri Arab Saudi, Menag Tegaskan Siap Berangkatkan Jemaah Haji

Lebih lanjut, Yaqut mengungkapkan ini adalah tahun ketiga umat muslim Indonesia menyambut Ramadan di tengah pandemi COVID-19. 

Meskipun kondisi pandemi sudah melandai, Yaqut berpesan agar masyarakat tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes) selama Ramadhan. 

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x