Sambangi Menteri Arab Saudi, Menag Tegaskan Siap Berangkatkan Jemaah Haji

- 21 Maret 2022, 12:38 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menemui Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al-Rabiah//Dok. Kemenag
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menemui Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al-Rabiah//Dok. Kemenag /

ARAHKATA - Kunjungi Jeddah, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas bertemu langsung dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq F. Al-Rabiah, pada Minggu, 20 Maret 2022, kemarin.

Menurut Menag, kunjungan ini dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut terkait penyelenggaran serta pemberangkatan jemaah umrah dan haji dari Indonesia.

"Saya kemarin bertemu Menteri Haji dan Umrah Saudi, saya mendapat penjelasan bahwa akan ada pemberangkatan jemaah haji tahun ini dari luar Saudi," katanya, dikutip Arahkata pada 21 Maret 2022.

Baca Juga: Menag Yaqut Cholil Qoumas Dukung PBB untuk Perangi Islamofobia

Selain itu, melalui pertemuan yang digelar di Kantor Kementerian Haji dan Umrah, Jeddah, Arab Saudi, ini Menag juga mendiskusikan kemungkinan untuk menambah kuota jemaah haji atau umrah yang akan diberangkatkan.

"Saya sampaikan bahwa mungkin kuota haji tahun ini belum normal karena pandemi, namun saya berharap Indonesia dapat alokasi (kuota) ideal," ujarnya.

"Saya tegaskan bahwa Indonesia siap melaksanakan haji dan memohon agar segera ada kepastian kuotanya," sambungnya.

Baca Juga: Logo Label Halal Baru, Menag: yang Diterbitkan MUI Bertahap Tidak Berlaku

Mengenai hal tersebut, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi pun mengaku sedang terus berupaya untuk mempersiapkan segalanya terkait penyelenggaran haji dan umrah dari berbagai negara.

Sementara itu mengenai Kuota jemaah, Tawfiq menjelaskan jika keputusan untuk menambah kuota jemaah tidak hanya ditentukan oleh jajarannya namun harus melibatkan semua instansi di Kerajaan Arab Saudi.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x