BPOM Bakal Uji Sampling Kinder Joy, Hasilnya Keluar dalam Waktu Dekat!

- 15 April 2022, 00:49 WIB
Apa Bahaya Salmonella? Penyebab BPOM Tarik Kinder Joy dari Peredaran di Indonesia
Apa Bahaya Salmonella? Penyebab BPOM Tarik Kinder Joy dari Peredaran di Indonesia /Pexels/

ARAHKATA - Produk telur coklat isi mainan Kinder Joy kini ditarik dari peredaran oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI.

BPOM khawatir, Kinder Joy diduga mengandung bakteri Salmonella.

Selama Kinder Joy ditarik, produk tersebut akan diuji sampling terkait kemungkinan adanya Salmonella seperti di beberapa negara Eropa. Hasilnya diperkirakan keluar kurang dari satu bulan.

Baca Juga: BPOM RI Tegaskan Masyarakat Jangan Dulu Konsumsi Kinder Joy

"Kita melakukan sementara uji sampling, pengujian, itu sudah dilakukan, hasilnya minggu ketiga (April 2022) akan keluar," kata Penny dalam konferensi pers Pangan Aman Goes to Campus, Kamis 14 April 2022.

Sampling dilakukan secara acak di seluruh wilayah Indonesia. Jika hasilnya menunjukkan negatif cemaran Salmonella, produk Kinder Joy sudah bisa kembali dikonsumsi masyarakat.

Baca Juga: Ditarik BPOM RI dari Peredaran, Berikut Fakta-Fakta Kinder Joy

"Nanti kalau ternyata memang berdasarkan sampling itu tidak ada indikasi adanya kontaminasi tersebut, tidak ada sama sekali Salmonella dalam sampling yang diuji, tentunya akan kita rilis lagi," sambung Penny.

Hingga kini, ia memastikan belum ada laporan terkait kasus anak yang terinfeksi Salmonella usai mengonsumsi Kinder Joy.***

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah