Warga Jakarta Bisa Cetak Cepat KTP dan KIA, Cek Syaratnya

- 12 Mei 2022, 21:32 WIB
Warga menunjukan KTP di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (15/4/2022). Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh menyebutkan rencana pemerintah menerapkan tarif Rp1.000 setiap kali akses nomor induk kependudukan (NIK) berlaku bagi lembaga pengguna database kependudukan.
Warga menunjukan KTP di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (15/4/2022). Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh menyebutkan rencana pemerintah menerapkan tarif Rp1.000 setiap kali akses nomor induk kependudukan (NIK) berlaku bagi lembaga pengguna database kependudukan. /YULIUS SATRIA WIJAYA/Antara/ANTARA FOTO

ARAHKATA - Warga DKI Jakarta sekarang bisa mencetak Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), dan Kartu Identitas Anak (KIA) dalam waktu hanya 15 menit.

Melalui aplikasi Akses Langsung Pelayanan Dokumen Kependudukan Cepat dan Akurat (Alpukat Betawi).

Percepatan layanan dari semula sekitar 1 jam menjadi selesai hanya dalam waktu 15 menit ini merupakan terobosan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi DKI Jakarta.

Baca Juga: Rambut Panjang atau Pendek, Hyunjin Stray Kids Pilih Ini

Dengan mengintegrasikan platform Alpukat Betawi dengan GoSend dan solusi pembayaran Midtrans, bagian dari Go To Financial.

"Setiap warga DKI Jakarta membutuhkan layanan kependudukan yang cepat dan efisien. Sejak bulan lalu cetak KTP dan KIA dapat diselesaikan dalam 15 menit dari sebelumnya sekitar 1 jam," kata Kepala Disdukcapil Provinsi DKI Jakarta Budi Awaludin, dilansir ANTARA, dikutip AeahKata.com Kamis, 12 Mei 2022.

Menurut Budi, terobosan pencapaian layanan ini perlu terus ditingkatkan, salah satunya melalui upaya kerja sama dengan ekosistem Gojek.

Baca Juga: Bangga, JY Park Berikan Pujian untuk Lee Junho 2PM

"Saya yakin integrasi ini membuat pelayanan kami lebih optimal dan transparan karena pendataan semua layanan telah terpusat pada satu aplikasi, dan akan meningkatkan kepuasan warga DKI terhadap layanan pemerintah."

Disdukcapil DKI Jakarta, menurut Budi, memiliki tujuan utama yakni memberikan pelayanan yang menyenangkan dan membahagiakan untuk masyarakat sehingga terwujud pelayanan yang mudah, cepat, akurat, dan tuntas.

Alpukat Betawi adalah salah satu bentuk akses langsung kepada warga DKI Jakarta untuk mengajukan pelayanan administrasi kependudukan.

Baca Juga: Rizky Febian Berikan Cincin untuk Mahalini, Sule Beri Tanggapan

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto

Sumber: ANTARA


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah