Heboh Hepatitis Akut, Ini Upaya yang Dilakukan Pemerintah Indonesia

- 14 Mei 2022, 14:31 WIB
Ilustrasi. Kasus Hepatitis Akut Terbanyak Berasal dari DKI Jakarta./pikiran-rakyat.com
Ilustrasi. Kasus Hepatitis Akut Terbanyak Berasal dari DKI Jakarta./pikiran-rakyat.com /

ARAHKATA - Penyakit Hepatitis Akut di Indonesia sudah ada sebanyak 18 kasus.

Per Jumat, 13 Mei 2022 penyakit Hepatitis Akut telah terdeteksi di 20 negara dengan jumlah kasus 228 orang, yang mana lebih dari 50 kasus tambahan saat ini masih diselidiki.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Mohammad Syahril, mengatakan Kemenkes telah melakukan berbagai upaya mitigasi untuk mengantisipasi meluasnya penyakit Hepatitis Akut di Indonesia.

Baca Juga: RSPI Sulianti Saroso Sebut 18 Laporan Kasus Hepatitis Akut di Jakarta

“Sejak ditemukan penyakit Hepatitis Akut di Inggris Raya, Kemenkes bergegas melakukan koordinasi dengan lembaga-lembaga kesehatan dari negara-negara lain seperti Centers of Disease Control (CDC) dan Pemerintah Inggris untuk mendapatkan pembelajaran terkait dengan kondisi yang sedang terjadi,” katanya Jumat, 13 Mei 2022.

Selain itu, Kemenkes juga aktif menghimpun informasi global maupun regional melalui informasi resmi yang dikeluarkan oleh WHO, CDC, dan Pemerintah Inggris.

Kedua, meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian publik dengan melakukan sosialisasi dan edukasi terkait kejadian ini sejak akhir April 2022.

Baca Juga: Walkot Makassar Sampaikan Seorang Anak Terpapar Hepatitis Akut

Kemudian Kemenkes berkoordinasi dengan seluruh Dinas Kesehatan di Indonesia untuk mensosialisasikan langkah-langkah penanggulangan penyakit ini serta menerbitkan Surat Edaran tentang Kewaspadaan terhadap temuan Hepatitis Akut yang belum diketahui penyebabnya.

Ketiga, memperkuat deteksi dengan melakukan penyelidikan epidemiologi, melakukan analisis pathogen menggunakan teknologi Whole Genome Sequencing (WGS) dan pengembangan pelaporan kasus menggunakan sistem NAR.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x