KPAI Imbau Setiap Sekolah Terapkan Pendidikan Seks Dini

- 3 Oktober 2022, 23:42 WIB
Anak-anak sedang praktek membuat jamu bersama Chef Toni
Anak-anak sedang praktek membuat jamu bersama Chef Toni /Retno Heni/

ARAHKATA - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menghimbau setiap sekolah menerapkan pendidikan seks dini guna mencegah kekerasan seksual pada anak, baik selama dia sekolah maupun di luar tempat dia menimba ilmu. 

"Menurut saya, pendidikan seks sudah menjadi hal penting karena itu diperlukan pemahaman lebih luas. Bahkan anak sekolah menengah pun, jarang memahami apa itu dampak dari hubungan antara pria dan wanita," kata Komisioner KPAI Ai Maryati Solihah saat dihubungi, dikutip ArahKata.com, Senin, 3 Oktober 2022.

Baca Juga: Naik Tahap Penyidikan, Kapolri Copot Kapolres Malang Atas Insiden Kanjuruhan

Maryati menegaskan justru adanya pendidikan seks bisa mengajarkan bagaimana anak lebih menyadari kebersihan hingga fungsi organ vitalnya.

Diharapkan, jika nantinya ada pendidikan seksual secara memadai, nantinya para anak ini bisa waspada dengan melindungi dirinya sendiri dan tidak memperbolehkan orang lain menyentuh bagian tubuh tertentu tanpa seizinnya.

Baca Juga: KPI Imbau Lembaga Penyiaran Tidak Menampilkan Pelaku KDRT

Dengan demikian, Maryati ingin setiap anak berpikir sebab-akibat sebelum memutuskan melakukan sesuatu saat bersama orang lain.

Selain itu, ia juga mengatakan anak SD ataupun SMP perlu diajarkan bagian tubuh mana yang tidak boleh dipegang orang lain yakni mulut, dada, alat vital dan pantat. 

Baca Juga: Sebanyak 33 Anak Menjadi Korban Jiwa Dalam Tragedi Kanjuruhan

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x