Jika Pesangon Tidak Dibayar, Buruh Ancam Lakukan Ini di TMII Saat G20

- 10 Oktober 2022, 17:25 WIB
Ilustrasi - TMII
Ilustrasi - TMII /Alamsyah/ARAHKATA

ARAHKATA - Nasib buruk melanda puluhan karyawan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), pasalnya pihak pengelolaan TMII yakni PT. Taman Wisata Candi (TWC) belum juga membayar pesangon kepada sejumlah karyawan yang tidak dipekerjakan sejak Maret hingga Oktober 2022. Kini, banyak spanduk penuntutan pembayaran pesangon yang dipasang di sekitar TMII, Jakarta Timur.

Menyikapi hal ituKetua Federasi Serikat Pekerja BUMN (FSP BUMN ) Bersatu, Arief Poyuono mengatakan, FSP BUMN Bersatu dan KSPI akan mengajak kawan kawan buruh untuk bersolidaritas pada karyawan TMII yang belum dibayar pesangonnya oleh TWC dengan memblokir jalan masuk ke TMII pada saat perhelatan G20 di TMII sebagai bentuk dukungan agar PT TWC membayar pesangon 30 karyawan TMII. kata Arief Poyuono

"Kami akan memblokir jalan masuk TMII, karena pesangon merupakan hak dasar bagi buruh yang terkena PHK, " kata Arief kepada wartawan, Senin, 10 Oktober 2022.

Baca Juga: Evakuasi Bayi Terjebak Banjir Berlangsung Dramatis di Bidaracina

Sementara itu spanduk yang terpasang meminta pertolongan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar mendengar keluhan masyarakat kecil, khususnya pekerja yang belum dibayarkan pesangonnya oleh pengelola TMII yang ditunjuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni TWC.

“Dibawah TWC, TMII dirombak jadi etalase megah Indonesia tapi pesangon karyawan TMII puluhan tahun mengabdi tidak dibayar, karyawan lama banyak yang didepak!! Tolong kami Pak Jokowi!!,” tulis spanduk yang terpasang di sekitae TMII pada Kamis, 6 Oktober 2022.

Selain itu, ada juga spanduk lain yang bertuliskan berbeda tapi tuntutan tetap sama supaya Presiden Jokowi mengetahui persoalan pengelola TMII yang belum bayar pesangon karyawan.

Baca Juga: Personel Gulkarmat Jakarta Timur Siaga di Lokasi Banjir

“Bapak Presiden tolong kami orang kecil. Karyawan TMII mengabdi sejak puluhan tahun. Kamintelah pensiun sejak bulan Maret sampai Oktober 2022. Tapi uang pesangon kami tidak dibayarkan oleh PT. TWC. Tolong kami Pak Jokowi,” tulis spanduk.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x