Besok 13 Januari 2023 Itjima Ulama Nusantara Mulai Digelar

- 12 Januari 2023, 22:37 WIB
Ijtima Ulama Nusantara digelar 13 Januari 2023
Ijtima Ulama Nusantara digelar 13 Januari 2023 /Agnes Aflianto/ARAHKATA

ARAHKATA - Ijtima Ulama Nusantara bakal dibuka oleh Wakil Presiden KH. Maruf Amin, Jumat pada 13 Januari 2023.

Setidaknya sekitar 350 kiai dan ibu nyai dari seluruh Indonesia bakal hadir di Hotel Millenium Jakarta. Acara yang diinisiasi oleh Dewan Syuro DPP PKB ini pun bakal membahas sejumlah agenda kebangsaan, salah satunya yakni soal kriteria calon pemimpin 2024 mendatang.

Gelaran yang akan diselenggarakan pada 13-14 Januari 2023 ini mengusung tema "Ulama Bangkit Bersatu Menjaga Indonesia" dan dihadiri oleh sejumlah tokoh nasional yang pernah berkiprah di PKB sejak partai ini berdiri.

 Baca Juga: Pengamat: Kepemimpinan Erick Thohir Memikat Dukungan Milenial

Ada Menteri Koordinator Polhukam RI, Mahfud MD yang diagendakan hadir pada Jumat malam. Mangan Wakil Ketua Umum PKB itu akan menyampaikan pembahasan tentang kondisi perundangan dan legislasi yang menyangkut terhadap kepentingan pesantren.

Sementara dari pihak eksternal, pembicara yang akan hadir yakni Dahlan Iskan yang akan membahas tentang pengembangan potensi kalangan pesantren di era global.

Menteri Luar Negeri era KH. Abdurrahman Wahid, Alwi Shihab juga akan hadir yang mana pernah berkiprah sebagai Ketua Umum PKB 2002-2005. Adik dari Quraish Shihab ini berencana akan memberikan pendapat dihadapan para ulama dan pemimpin pesantren.

Baca Juga: Ditunggu Ribuan Orang, Kunker Ketua DPR dan Wamentan ke Bondowoso Beri Angin Segar Program Ketahanan Pangan

"Itjima Ulama Nusantara ini sebagai langkah mendapatkan pendapat dan pemikiran terhadap negara, dan juga memberikan masukan kepada kriteria calon pemimpin di Pemilu 2024," ujar Sekretaris Dewan Syura DPP PKB, KH Saifullah Maksum kepada wartawan di Jakarta, Senin 12 Januari 2023.

Kiai Maksum menyatakan dalam acara tersebut membahas lebih perspektif ulama dan Bu nyai mengenai catatan penting dan rekomendasi bersifat internal termasuk dorongan ulama tentang kepemimpinan Gus Muhaimin.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x