PT KAI Beri Sanksi Tegas ke Pelaku Kekerasan Seksual! Tak Bisa Naik Kereta Seumur Hidup

- 17 April 2023, 10:37 WIB
PT KAI Beri Sanksi Tegas ke Pelaku Kekerasan Seksual! Tak Bisa Naik Kereta Seumur Hidup
PT KAI Beri Sanksi Tegas ke Pelaku Kekerasan Seksual! Tak Bisa Naik Kereta Seumur Hidup /Foto : PT KAI/Commuterline

ARAHKATA - PT Kereta Api (PT KAI) memblacklist pelaku kekerasan seksual yang nekat melakukan aksinya di kereta maupun di lingkungan stasiun.

Tak hanya memblacklist, PT KAI juga melarang pelaku kekerasan seksual untuk naik kereta api seumur hidup.

“Ketika ada pelaku kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak kekerasan yang terjadi, itu pelaku sudah diblacklist. Sudah tidak akan bisa naik kereta api lagi,” kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Bintang Puspayoga, Minggu 16 April 2023.

Baca Juga: Catat Tanggalnya! Sambut 17 Agustus, PT KAI Hadirkan Program Promo Merdeka

Bintang mengapresiasi kebijakan PT KAI ini. Menurutnya kebijakan ini efektif untuk menekan angka pelecehan dan kekerasan seksual di lingkup transportasi umum khususnya saat pekan mudik lebaran.

“Terima kasih banyak komitmen inilah yang kami harapkan untuk memberikan ruang yang aman ramah terhadap perempuan dan anak,” lanjutnya.

Untuk itu, Bintang mendorong masyarakat untuk kooperatif melaporkan seluruh tindakan mencurigakan yang dialami diri sendiri maupun orang lain. Korban diimbau langsung memberitahu kepada petugas atau melalui layanan pengaduan.

Baca Juga: Asyik! PT KAI Tambah Layanan Vaksinasi COVID-19 Gratis, Catat Tempatnya

“Ketika ada kekerasan yang terjadi di kereta api di stasiun mana pun itu kita harapkan melapor karena kita ada punya layanan sahabat perempuan dan anak melalui hotline 129 atau melalui whatsapp 08111129129,” pungkasnya.***

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x