Muhammad Fauzi jadi Penyandang Disabilitas Pertama Peraih Gelar Doktor Seni Bidang Fotografi

- 17 Juni 2023, 23:07 WIB
Muhammad Fauzi (kiri), penyandang disabilitas pertama raih gelar doktor seni bidang fotografi
Muhammad Fauzi (kiri), penyandang disabilitas pertama raih gelar doktor seni bidang fotografi /Agnes Aflianto/ARAHKATA

ARAHKATA – Muhammad Fauzi, seorang dosen fotografi Universitas Esa Unggul Jakarta yang merupakan penyandang disabilitas rungu sekaligus Mahasiswa Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta telah menamatkan pendidikan S3 dengan nilai memuaskan.  

Dalam gelar karya dan sidang terbuka Senin, 12 Juni 2023 di Teater besar ISI Surakarta, Azi sapaan akrab sang dosen  berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Fotografi Isyarat: Penciptaan Seni Fotografi Ekspresionisme dengan Objek Pergerakan Tangan"di hadapan penguji.

Adapun penguji yang berjumlah sembilan orang yakni Prof. Dr. Bambang Sunarto, Dr. Zulkarnain Mistortoyfi, Prof. Dr. Pande Made Sukerta, Dr. Sri Hesti Heriwati, Prof. Dr. Sunarmi, Prof. Dr. Guntur, Dr. Prayanto Widyo Harsanto, H. Anies Rasyid Baswedan dan Dr. Eko Supriyanto.

Baca Juga: Komisi I DPR Dukung dan Apresiasi Inisiatif KSAD Dudung Luncurkan Sepeda Motor Ambulance dan Motor BATAKS Tang

Meski dalam kondisi keterbatasan, ia memiliki semangat luar biasa dalam menempuh pendidikannya juga meraih cita-citanya meraih gelar doktor.

Atas pencapaiannya, dosen fotografi Esa Unggul itu menjadi orang pertama peraih Doktor Seni Bidang Fotografi penyandang disabilitas sekaligus meraih gelar dari Museum Rekor Indonesia (MURI.)

Dalam laporannya, Rektor ISI  Dr. I Nyoman Sukerna, S.Kar., M.Hum sekaligus penguji juga menyatakan kebanggaannya kepada Muhammad Fauzi yang dinyatakan lulus dengan cumlaude.

Baca Juga: Novel Bamukmin Tuding Amien Rais Pernah Tercatat Tokoh Pendukung Kelompok Pro Aliran Sesat

“Kami bangga, Muhammad Fauzi adalah salah satu penyandang difabel pertama yang lulus program doktor,” ungkapnya.

Anies Baswedan yang juga menjadi salah satu penguji dalam ujian doktor mahasiswa Program Pascasarjana (ISI) Surakarta, dalam laporannya mengapresiasi ISI Surakarta yang telah memberikan kesetaraan kesempatan kepada penyandang disabilitas seperti yang diberikan kepada Fauzi hingga bisa meraih prestasi sekaligus menghasilkan karya yang luar biasa. 

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x