LRT Jabodebek Akan Uji Coba Operasi Tanpa Masinis, Pihak KAI Jamin Lebih Aman

- 7 Juli 2023, 12:17 WIB
LRT Jabodebek Akan Uji Coba Operasi Tanpa Masinis, Pihak KAI Jamin Lebih Aman
LRT Jabodebek Akan Uji Coba Operasi Tanpa Masinis, Pihak KAI Jamin Lebih Aman /ANTARA/

ARAHKATA - LRT Jabodebek bakal uji coba beroperasi tanpa masinis dengan penumpang terbatas pada 12 Juli, dan beroperasi secara komersial pada 18 Agustus 2023.

Manajer Public Relations KAI Divisi LRT Jabodebek, Kuswardojo mengatakan ia menjamin hal ini aman bagi masyarakat.

"Dengan operasional tanpa masinis tentunya akan lebih aman dibandingkan menggunakan masinis atau orang. Karena lebih dari 60% kecelakaan karena faktor manusianya, kelelahan dan sebagainya," ujarnya saat menjajal LRT Jabodebek dari Jakarta-Bekasi, Kamis 6 Juli 2023.

Baca Juga: Tak Hanya MRT, LRT Juga Terapkan Rp1 Peringati Ulang Tahun DKI Jakarta

Kuswardojo mengatakan, sistem keamanan LRT Jabodebek juga diatur berlapis dan diatur oleh sistem.

Salah satunya soal batas kecepatan maksimal. Jika kereta melaju lebih dari batas kecepatan yang ditentukan maka sistem pengereman aktif otomatis.

"Kenapa diklaim aman? Sistem keamanan kita berlapis. Artinya ketika sudah meng-install perjalanan dalam kereta ini, di situ ada berbagai sistem yang mengatur. Pertama batas kecepatan akan diatur oleh sistem. Ketika dia berjalan lebih dari 80 km per jam maka sistem akan mengerem sendiri. Meskipun dia digunakan manusia dalam posisi manual," ujarnya.

Baca Juga: Kritik Pembangunan LRT Palembang, Ridwan Kamil Minta Maaf

Selain itu Kuswardojo juga menyebut sistem di LRT Jabodebek bisa mendeteksi gangguan yang mungkin menghambat perjalanan. Saat terjadi gempa bumi, kereta juga akan berhenti secara otomatis.

"Kemudian di samping itu ketika ada sesuatu yang tidak kita inginkan, katakan di jalur kereta ada orang naruh benda. Nah itu akan terdeteksi oleh kereta secara otomatis. Jadi dia akan berhenti sebelum mengenai benda tersebut. Demikian juga dengan ketika terjadi gempa. Ketika terjadi gempa kereta akan berhenti secara otomatis," terangnya.***

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x