Gempa M 5,2 Terjadi di Sumba Barat Daya, Tak Berpotensi Tsunami

- 12 November 2020, 13:23 WIB
ILUSTRASI gempa bumi.
ILUSTRASI gempa bumi. /PRFM

ARAHKATA - Gempa berkekuatan magnitudo (M) 5,2 menguncang Kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya, NTT. Gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

BMKG melaporkan gempa terjadi pada Kamis (12/11/2020) pukul 10.48 WIB. Titik koordinat gempa berada di 9,53 Lintang Selatan dan 118,17 Bujur Timur. Gempa berpusat di laut dengan kedalaman 24 km dengan jarak 90 km dari arah barat laut, Kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya.

Belum diketahui ada atau tidaknya korban dan kerusakan akibat dari gempa. Gempa dirasakan hingga skala MMI kisaran III-IV di Waitalabu, Tambaloka, Sumbawa, Bima, dan Sumbawa Barat.

Baca Juga: Pria Penjual Gorengan di Solo Gelapkan Uang Ratusan Pedagang

SkalaIII artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Sedangkan IV berarti dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela atau pintu berderik dan dinding berbunyi.

Sementara itu, kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan dapat melihat informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.***

Editor: Ahmad Ahyar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x