Perawat di Jatim Bakal Dimanjakan Regulasi Baru

- 15 Desember 2020, 05:20 WIB
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa /Adi Suprayitno/ARAHKATA

ARAHKATA – Perawat di Jawa Timur bakal mendapat perhatian lebih dari Pemprov Jatim. Hal itu akan dituangkan dalam Perda tentang perawat yang diajukan oleh Komisi E DPRD Jatim.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menilai keberadaan paramedis seperti dokter, perawat sangat penting. Apalagi saat ini masyarakat masih dihadapkan pandemi covid-19, mengingat badan kesehatan dunia WHO menilai perawat adalah tulang punggung di setiap pelayanan kesehatan.

Selama ini, paramedis proporsi jumlahnya lebih banyak jika dibandingkan tenaga kesehatan lain. Selain itu, waktu kerjanya harus memberikan pelayanan medis selama 24 jam.

Baca Juga: Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Wakasad Meninggal Dunia

“Dengan porsi seperti itu, perawat bisa disebut garda terdepan dalam pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan tulang punggung layanan kesehatan  khususnya saat pandemi Covid-19, “ujarnya, di DPRD Jatim, Senin 14 Desember 2020.

Ketua umum Muslimat NU itu menilai perawat harus mendapat perhatian lebih yang dipayungi dalam Raperda Keperawatan. Mengingat selama ini perawat dihadapkan banyak masalah.

Seperti halnya lulusan perawat masih belum memenuhi standarisasi internasional. Untuk itu, perawat harus mengikuti pendidikan kesetaraan agar dapat bekerja di luar negeri.

Khofifah menyebut yang paling memprihatinkan adalah lebih dari 20.000 perawat di Jatim belum bekerja secara tetap. Setiap tahunnya jumlah lulusan perawat baru yang lebih banyak, jika dibandingkan kebutuhan pada dunia medis.

Baca Juga: Cara Menggunakan Google Classroom yang Simpel dan Anti Ribet di Android

"Saat ini masih banyak perawat lulusan pendidikan D3 menjadi tulang punggung dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan, praktik keperawatan di daerah terpencil yang memerlukan adanya tambahan kewenangan peningkatan kesejahteraan dan kompetensi," katanya.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x