Pabrik Kimia di Cilegon Meledak Hingga Warga Sesak Napas

- 22 Desember 2020, 19:52 WIB
Ilustrasi ledakan.
Ilustrasi ledakan. /Freepik/

ARAHKATA – Pabrik kimia milik PT Dover Chemical di Cilegon meledak, Selasa 22 Desember 2020. Spontan ledakan membuat panik penduduk di lingkungan sekitar pabrik hingga membuat warga berhamburan keluar rumah.

Salah seorang warga yang tinggal dekat lokasi pabrik menuturkan sempat mendengar suara edakan sebanyak tiga kali disertai kepulan asap dan seng yang terbang.

"Tadi itu ada tiga kali ledakan. Pertama asap dulu yang keluar, lalu beberapa menit kemudian barulah dia meledak. Suaranya kencang sekali, sampai ada seng (dinding) pabrik yang terbang," ucapnya.

Baca Juga: Profil Sakti Wahyu Trenggono, Menteri KKP Baru yang Pernah Jual Kambing

Warga Lingkungan Kali Baru, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon ini menerangkan, bau menyengat sontak keluar dari area pabrik setelah ledakan tersebut.

"Kami langsung sesak napas, soalnya bau banget," katanya kepada wartawan.

Sementara, Ketua rukun tetangga (RT) setempat, Afa Sukuan menyebutkan, berdasarkan informasi sementara yang diperoleh pihaknya dari manajemen PT Dover Chemical dikatakan bahwa ledakan yang merusak sebagian dinding pabrik tersebut berasal dari daerah resin.

"Informasi dari Pak Dade (Dade Suparna, Manager Humas Resource and General Affair PT Dover Chemical) itu dari daerah daerah resin sehingga kan menimbulkan bau. Makanya kami meminta pertolongan pertama untuk masyarakat dulu. Cuma di dalam bagian pabriknya sudah langsung bagaimana meminimalisir dampak yang dikeluarkan dari ledakan," ujarnya.

Baca Juga: Miris, Oknum Kades di Jateng Ditangkap Linglung Usai Hisap Ganja

Di sekitar lokasi kejadian, warga setempat berkumpul di seberang pabrik seraya menunggu kepastian keterangan dari perwakilan warga lainnya yang tengah menemui manajemen pabrik.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x