Bahas Makalah, Babak Baru Fit And Proper Test Listyo Sigit Jadi Kapolri

- 19 Januari 2021, 12:27 WIB
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. /

ARAHKATA - Babak baru uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test Komisaris Jenderal (Komjen) Listyo Sigit Prabowo masuk kepada tahapan pembahasan makalah.

Makalah tersebut nantinya memuat sebuah tulisan sejumlah kasus-kasus yang berhasil dituntaskan oleh Lisyto Sigit di karier kepolisiannya.

Termasuk juga pemaparan visi dan misi yang akan dilakukan bilamana ia berhasil menjadi Kapolri,sekalipun dirinya menjadi calon tunggal orang nomor satu di korps Kepolisian nantinya.

Baca Juga: Yuk Kenali Mengapa Air Laut di Manado Melimpah ke Darat!

Ketua Komisi III DPR Herman Herry menjelaskan perihal alur panjang yang akan dilakukan oleh Listyo Sigit sebagai Calon Jenderal Bintang Empat tersebut.

"Iya sudah kami terima hari ini. Makalah calon (Kapolri) yang harus diserahkan kepada semua anggota (Komisi III) selaku mitra intansi kepolisian," kata Herman Herry saat dikonfirmasi Arahkata.com, Selasa, 19 Januari 2021.

Herman menjelaskan perihal poin apa saja yang menjadi pertimbangan anggota Komisi III melihat kandidat dari Calon Kapolri itu.

Baca Juga: Tim Gabungan Pulihkan Akses Jalan Poros Majene - Mamuju

" Ya ada beberapa kriteria dari sejumlah poin yang menjadi pertimbangan. Pasti karier beliau di kepolisian, sejumlah kasus dan managerial pemecahan sejumlah kasus. Terutama visi dan misinya jelas jadi pertimbangan," ujar Herman Herry.

Kepada Arahkata.com Herman menuturkan pengiriman makalah tersebut menandai dengan sebuah agenda pelaksanaan fit and proper test yang akan dilakukan tepat pada Rabu, 20 Januari 2021 besok.

"Iya biasanya begitu makalah datang sebelum waktu proper test terlaksana," tutup Herman Herry.

Baca Juga: Bukan Tsunami, Banjir Pesisir di Manado Kejadian Cuaca Ekstrem

Sebelumnya, Komjen Listyo Sigit resmi ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai pengganti Kapolri Idham Aziz melalui surat presiden bernomor: R-02/Pres/01/2021.

Nantinya, Lisyo bakal menjabat sebagai Kapolri pada Februari mendatang menggantikan posisi pendahulunya Jenderal Idhan Aziz yang memasuki masa purna tugas pada Februari 2021 mendatang.***

Editor: Ahmad Ahyar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x