DKI Klaim Sudah Ada 1.500 Donor Plasma Konvalesen Covid-19

- 2 Februari 2021, 19:30 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria Positif Covid-19, Tertular Staff Pribadinya, Ini Penjelasannya
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria Positif Covid-19, Tertular Staff Pribadinya, Ini Penjelasannya /
 
 
ARAHKATA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria Mengklaim telah mendapatkan data sebanyak 1.500 orang sudah mendonasikan plasma konvalesen di Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta.
 
"Iya sudah (menerima kabar) bahwa ada sedikitnya 1.000 sampai 1.500 orang pendonor plasma konvalesen di PMI Pusat DKI Jakarta," kata Ahmad Riza Patria kepada wartawan, Selasa, 2 Februari 2021.
 
Melihat antusiasme para pendonor plasma konvalesen dari surviver Covid-19 sangat tinggi, Riza Patria berjanji bakal menyumbangkan plasma darah konvalesen miliknya juga. Sebab, diketahui bahwa sang DKI-2 ini pernah mengalami sakit Covid-19 pada akhir 2020 lalu.
 
"Beberapa hari ke depan akan melakukan donor plasma juga saya," ujar Ahmad Riza Patria.
 
 
Kader Partai Gerindra itu lantas mengimbau kepada seluruh masyarakat yang sudah terpapar Covid-19 ikut serta dalam mendonasikan plasma darah konvalesennya ke PMI terdekat. Apalagi selama pandemi Covid-19 jumlah pendonor darah terbilang menurun secara drastis.
 
" Ini juga cara kita membantu sesama. Agar kebutuhan stok darah di PMI tetap stabil," ucap Riza Patria.
 
 
Selain itu kepada awak media, Riza menjelaskan bahwa dalam sehari PMI DKI Jakarta sedikitnya berhasil meraih 1.000 sampai 1.500 donor darah. Akan tetapi pasca pandemi Covid-19 menjangkiti Indonesia, jumlah pendonor darah hanya berkisar 200 pendonor termasuk di dalamny pendonor plasma darah konvalesen di dalamnya.
 
Selain itu Pemprov DKI berjanji akan memfasilitasi unit transfusi darah UTD PMI DKI Jakarta Setelah menerima mandat sebagai penyedia plasma konvalesen bagi pasien Covid-19 sejak Juni 2020 lalu. 
 
 
Para donor plasma konvalesen yang ingin berkontribusi dapat menghubungi PMI DKI Jakarta di 021-390-6666 serta email Untuk layanan pelanggan di [email protected]. ***
 
 
 

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah