26 Terduga Teroris Jaringan JAD Tiba di Tangerang, 3 Diantaranya Wanita

- 4 Februari 2021, 17:55 WIB
Istimewa
Istimewa /

ARAHKATA - 26 orang terduga teroris tiba di Terminal 3 Bandar Udara (Bandara) Soekarno Hatta, Kamis 4 Februari 2021.

Mereka diterbangkan dengan dari Makasar dengan menumpang pesawat Lion Air Boeing 737-900ER dengan nomor penerbangan JT-3891. Sekitar pukul 13.58 WIB, pesawat tiba di Apron Terminal Kargo Bandara Soetta.

Setibanya di Tangerang, seluruh terduga langsung dibawa ke Rumah Tahanan (Rutan) teroris di Cikeas, Bogor Jawa Barat.

Baca Juga: Ini Latar Belakang Bupati Sabu Raijua Disebut WNA Versi Bawaslu

Terdapat tiga orang wanita dari 26 terduga yang ditangkap. Saat dibawa, mereka mengenakan baju tahanan dengan posisi pergelangan tangan dan kaki diborgol.

"Tim Densus 88 memindahkan 26 tersangka tindakan terorisme. Rinciannya 7 orang berasal dari Gorontalo, sisanya 19 orang dari Makasar Sulawesi Selatan," jelas Karo Penmas, Brigjen Rusdi Hartono, di Apron Terminal Kargo Bandara Internasional Soekarno Hatta kepada awak media.

Rusdi mengatakan, meski dari daerah yang berbeda, polisi memastikan, bila kedua kelompok tersebut berasal dari jaringan yang sama, yakni Jamaah Anshor Daullah atau JAD.

Baca Juga: Permudah Akses Informasi Bagi Pembeli, Sinarmas Land Luncurkan E Catalog

"Untuk tujuh orang dari Gorontalo, mereka adalah kelompok Ikhwan Pahuwato. Lalu dari Makasar mereka sama-sama satu jaringan, yakni Jamaah Anshor Daullah," tuturnya.

Jaringan JAD ini teraviliasi dengan jaringan Islamic State In Iraq and Al Asham atau ISIS. Sehingga, kedua kelompok di dua provinsi berbeda ini memiliki keahlian yang hampir sama dalam melakukan serangan atau aksi terorisme di Indonesia.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x