Hujan Deras Diramalkan 26 - 27 Februari 2021, Ini Persiapan yang Harus Dilakukan

- 26 Februari 2021, 22:07 WIB
Ilustrasi guyuran hujan
Ilustrasi guyuran hujan /BMKG/

ARAHKATA - Jakarta, Bogor, Depok, dan Tangerang (Jabodetabek) masih diwarnai deengan hujan. Bibit siklon tropis di Samudera Hindia selatan Jawa Barat berpengaruh meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan. Hal itu yang menjadi penyebab diperkirakannya hujan deras weekend ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi wilayah Jabodetabek akan diguyur hujan lebat hingga sangat lebat pada periode 26-27 Februari 2021.

Deputi Bidang Meteorologi Guswanto, mengatakan, "keberadaan bibit siklon tropis di Samudera Hindia selatan Jawa Barat berpengaruh pada terjadinya perlambatan dan belokan angin di sebagian besar Jawa bagian barat yang pada gilirannya dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan."

Baca Juga: ShopeePay Tebar Promo Lewat 3.3 Pesta Cashback ShopeePay

Potensi hujan lebat hingga sangat lebat terjadi pada malam hingga dini hari. Masyarakat diimbau untuk tetap waspada, hujan deras dikhawatirkan berakibat pada banjir di beberapa wilayah.

"Hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat dapat terjadi di beberapa wilayah Jabodetabek pada tanggal 26-27 Februari 2021 terutama pada malam hingga dini hari," sebutnya.

BMKG juga merilis imbauan untuk masyarakat mengenai persiapan saat hujan deras. Juga untuk pengendara diminta berhati-hati dalam berkendara.

Baca Juga: Menko Luhut Binsar Panjaitan Ajak Masyarakat Peduli Sampah

Persiapan Hujan Deras:

Halaman:

Editor: Mohammad Irawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x