Sah..., Besaran Zakat Fitrah di Kota Tangerang Ditetapkan Sebesar Rp35 Ribu

- 22 Maret 2021, 20:13 WIB
Ilustrasi zakat
Ilustrasi zakat //Dok Baznas.

ARAHKATA - Baznas Kota Tangrang menetapkan besaran zakat fitrah bulan Ramadhan 1442 hijriah sebesar Rp 35 ribu per orang. Angka tersebut turun jika dibandingkan dengan tahum sebelumnya.

Ketua Baznas Kota Tangerang, HM Aslie Elhusyairy mengatakan, penentuan berdasarkan tersebut sesuai hadil rapat koordinasi bersama MUI Kota Tangerang, Kementrian Agama, Pengadilan Agama serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Besaran itu merujuk harga beras yang disetarakan senilai sebesar Rp 14.000,- per kilogram atau Rp 10.000,- per liter.

"Keputusan besaran itu berdasar pada harga beras kualitas premium dipasaran," kata KH Aslie usai rapat koordinasi di Kantor BAZNAS di Jalan NYI Mas Melati, Jumat 19 Maret 2021 lalu.

Baca Juga: Sambut Bulan Suci Ramadhan, Ada Kabar Gembira Buat Masyarakat!

M Aslie Elhusyairy menjelaskan, berbeda dengan Ramadan Tahun 1441 Hijriyah/2020 Masehi lalu. Baznas Kota Tangerang menetapkan besaran zakat fitrah dengan nominal setara Rp40 ribu. Namun pada Ramadan Tahun ini yang masih di tengah wabah covid-19 yang menyebabkan perubahan kondisi dari yang biasa menjadi hal yang tidak biasa.

Menurut Aslie, kondisi yang tidak biasa ini berujung pada kesulitan ekonomi yang mendera bukan hanya masyarakat yang berekonomi lemah namun masyarakat lapisan menengah pun terdampak wabah covid-19 ini. Hal ini menjadi alasan pertimbangan menetapkan besaran zakat fitrah jika disetarakan dengan uang, sebesar Rp 35 ribu.

“Besaran ini jika disetarakan dengan uang kami mengacu pada harga beras premium pada umumnya dipasaran,” ujarnya.

Ia memaparkan, zakat fitrah diukur berdasarkan makanan pokok umumnya beras yang dikonsumsi sehari-hari dengan takaran minimal 2,5 Kg atau 3,5 liter setiap jiwa. Sesuai ketentuan syariat Islam dan muzaki atau pemberi zakat dapat menyerahkan zakat fitrah kepada amil atau pengurus zakat dalam bentuk uang.

Baca Juga: Kalah Telak dari Irene Sukandar, Dewa Kipas: Pertahanannya Sulit Ditembus!

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x