Beri Bantuan untuk Papua Barat, Pemerintah: Sebagai Bentuk Dukungan

- 1 September 2021, 18:33 WIB
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) pulihkan ekosistem mangrove di wilayah pesisir Lombok Barat dengan menanam sebanyak 50.000 bibit mangrove di Desa Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat.
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) pulihkan ekosistem mangrove di wilayah pesisir Lombok Barat dengan menanam sebanyak 50.000 bibit mangrove di Desa Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat. /NandangPermana/Humas KKP

ARAHKATA – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) memberikan bantuan bagi Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (KOMPAK) 2021, di Kabupaten Sorong Selatan, Provinsi Papua Barat.

Bantuan tersebut berupa, 1 unit kapal longboat, 1 unit mesin tempel 15 pk, 1 unit laptop, 1 unit printer, 5 unit pelampung, 1 unit kamera underwater dan 2 senter taktis lapangan. Total bantuan secara keseluruhan mencapai Rp90 juta.

“Bantuan ini wujud dukungan pemerintah pusat atas komitmen Provinsi Papua Barat menjadi Provinsi Konservasi untuk menjaga dan melindungi keanekaragaman hayati laut dan sekitarnya demi kesejahteraan masyarakat papua barat,” tutur Ditjen PRL Pamuji Lestari.

Baca Juga: Jokowi Terima Surat Kepercayaan dari 4 Negara Ini

Selain itu, Pamuji Lestari berharap pemerintah daerah serta masyarakat dapat mengelola laut di wilayah tersebut dengan bijaksana mulai dari, perencanaan, pemanfaatan, pengendalian serta pemantauan.

Hal tersebut perlu dilakukan karena 2/3 wilayah Indonesia adalah perairan laut yang memiliki potensi besar dalam sumber daya kelautan dan perikanan.

Bantuan ini diperuntukan agar bisa membantu kelompok masyarakat penggerak konservasi dan warga sekitar dalam menjaga dan melestarikan kekayaan sumber daya laut dan perikanan di daerah tersebut.

Baca Juga: MTsN 1 Pati Raih Dua Medali di Ajang Robotik Internasional

“Dengan target 30 juta hektar kawasan konservasi laut di wilayah Indonesia pada tahun 2030, dan pada tahun 2021 ini telah meecapai 26 hektar, tentunya ini diharapkan mampu mendukung keberlanjutan kelautan dan perikanan di Indonesia,” ujar Pamuji Lestari, Rabu 1 September 2021.

Lebih lanjut, menurut Santoso Budi Widiarto Kepala Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (LPSPL), bantuan yang diberikan tersebut dapat membantu masyarakat dalam menjaga dan mengawasi kawasan konservasi perairan Seribu Satu Sungai di Kabupaten Sorong Selatan.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x