Warga Bandung Bisa Hasilkan Uang dari Jual Jelantah

- 28 September 2021, 23:56 WIB
Pemkot Bandung luncurkan program BETAH (Beli Jelantah) warga bisa menjualnya dengan harga Rp.3000 per kilo
Pemkot Bandung luncurkan program BETAH (Beli Jelantah) warga bisa menjualnya dengan harga Rp.3000 per kilo /Instagram/@mangoded_md

ARAHKATA - Warga Kota Bandung, terutama para ibu rumah tangga yang biasa di dapur kini tidak perlu bingung apabila memiliki minyak goreng bekas atau jelantah. Karena kini Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menampung jelantah rumah tangga.

Melalui program Beli Jelantah (Betah), masyarakat bisa mendapatkan manfaatnya karena untuk satu kilogram jelantah akan dihargai sekitar Rp3.000.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial menyatakan program Betah ini sebagai upayanya dalam mengurangi persoalan lingkungan akibat jelantah yang kerap dibuang sembarangan.

Baca Juga: Kunjungan Kerja, Jokowi Tanam Mangrove di Riau

Dampaknya dari buang jelantah sembarangan tak hanya hanya pencemaran saja, namun bisa menyebabkan penyumbatan drainase lantaran jelantah bisa membeku.

"Jelantah tidak diolah lagi oleh kita, kalau dibiarkan akan sangat mengganggu. Oleh karenanya, saya harap ini bisa terus berjalan," ujar Oded Sabtu, 25 September 2021.

Pemkot Bandung melalui Bank Sampah Resik PD Kebersihan akan menampung jelantah dari masyarakat.

Baca Juga: DPRD Jatim Akhirnya Melunak, Pengesahan P-APBD 2021 Batal Ditunda

Selanjutnya, PD Kebersihan sudah menjalin kerja sama dengan Asosiasi Kafe dan Restoran (Akar) Jawa Barat sebagai pengumpul jelantah berskala lebih besar.

Oded meminta seluruh jajaran terkait untuk lebih aktif membangun kerja sama terkait program Betah.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah