Jokowi Minta Sorong Jadi Produsen Pertanian untuk Indonesia Timur

- 4 Oktober 2021, 12:20 WIB
Presiden Jokowi minta Sorong jadi Produsen Pertanian untuk Indonesia bagian Timur
Presiden Jokowi minta Sorong jadi Produsen Pertanian untuk Indonesia bagian Timur /Instagram/@jokowi

ARAHKATA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) lakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sorong, Papua Barat pada Senin, 4 Oktober 2021.

Dalam kunjungannya ke Kelurahan Klamesen, Kabupaten Sorong, Jokowi juga melakukan tanam jagung bersama masyarakat dan petani sekitar .

Ia juga memberikan pesan harapan kepada wilayah Sorong, Papua Barat, agar dapat menjadi pusat produksi pertanian bagi daerah Indonesia bagian Timur tersebut.

Baca Juga: Peringati Hari Batik Nasional, Ini Pesan Jokowi

“Di Provinsi Papua Barat memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai daerah produsen utama komoditas pertanian di Indonesia Timur. Disini terdapat 11.00 hektar tanaman jagung di seluruh provinsi serta 7 juta hektar tanaman pangan dan holtikultura,” kata Jokowi pada Senin, 4 September 2021.

Presiden Jokowi juga meminta Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan untuk terus meningkatkan produksi pertanian di Sorong dan sekitarnya.

“Agar meningkatkan kapasitas produksi, mengubah sistem tanam dari satu kali setahun menjadi 2 atau 3 kali setahun agar kebutuhan pangan di tanah Papua bisa disiapkan oleh Pulau Papua sendiri,” kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Terminal Bandar Upah Mopah Papua

Selain itu, Jokowi juga mendorong generasi muda untuk menjadi pertani milenial sebagai penggerak sektor pertanian.

“Sudah dilatih oleh Pak Mentan sebanyak 800 petani. Akan tetapi, ditargetkan kurang lebih 2000 an nanti akan kita selesaikan,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x