Alasan POGI Pastikan AMDK Galon Guna Ulang Aman untuk Janin dan Balita

- 5 Oktober 2021, 22:23 WIB
Dr. M. Alamsyah Aziz saat menjadi narasumber Standar Keamanan Pangan secara daring.
Dr. M. Alamsyah Aziz saat menjadi narasumber Standar Keamanan Pangan secara daring. /Tangkapan layar acara/arahkata

ARAHKATA - Dokter spesialis obstetri dan ginekologi (kandungan) dan spesialis anak menjawab kekhawatiran para orang tua yang selama ini menerima informasi yang banyak pihak menyebut sebagai berita hoax, terkait keamanan kesehatan galon guna ulang, khususnya bagi bayi dan Balita.

Dikatakan air minum dalam kemasan (AMDK) galon guna ulang aman dikonsumsi para ibu hamil dan anak balita, dikatakan migrasi Bisfenol A (BPA) yang akhir-akhir ini dihembuskan pihak-pihak tertentu bisa membahayakan kesehatan janin dan anak balita sangat kecil dan masih di bawah batas aman yang ditetapkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Dr. M. Alamsyah Aziz, SpOG (K), M.Kes., KIC, dokter spesialis kandungan yang juga Ketua Pokja Infeksi Saluran Reproduksi Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) mengatakan sampai saat ini tidak pernah menemukan pengaruh BPA terhadap janin.

Baca Juga: Viral Tulisan Perempuan Taaruf Tanpa Bra, Ketua MUI Angkat Bicara

Dia tidak memungkiri, kelainan bawaan yang terjadi pada anatomi janin itu memang bisa disebabkan karena adanya exposure dari bahan-bahan yang berbahaya, termasuk BPA jika jumlah yang masuk ke dalam tubuh itu cukup tinggi, misalnya mencapai 250 miligram.

“Tapi kenyataannya, yang ditemukan pada ibu hamil, pada janin, itu sangat jauh di bawah rata-rata batas aman keamanan yang sudah ditetapkan BPOM, yaitu sebanyak 600 mikrogram per kilogram berat badan per hari. Jadi migrasi BPA yang terjadi pada galon guna ulang itu sangat di bawah batas keamanan,” ujarnya saat menjadi pembicara dalam acara diskusi media bertema “Standar Keamanan Kemasan Pangan dan Kesehatan Konsumen” yang digelar secara online, beberapa waktu lalu.

Karenanya, dia meminta para ibu hamil agar tidak khawatir menggunakan kemasan AMDK galon guna ulang ini, karena aman sekali dan tidak berbahaya terhadap ibu maupun pada janinnya.

Baca Juga: Panjat Tebing PON XX Papua Jadi Persiapan Olimpiade Paris 2024

Dokter Alamsyah, menegaskan yang perlu diperhatikan bagi ibu hamili adalah terkait asupan gizi serta makronutrien dan mikronutrien yang baik selama kehamilan. Menurutnya, itu akan berdampak terhadap suplai kebutuhan gizi yang baik untuk pertumbuhan janin.

“Sebab, jika kebutuhan gizi ibu tidak terpenuhi, ia akan melahirkan outcome yang sangat berpengaruh pada bayi, sehingga bayi menjadi kecil. Gizi ibu yang buruk juga menyebabkan janin akan kehilangan peluang untuk memperoleh pembentukan otak yang optimal,” katanya.

Halaman:

Editor: Mohammad Irawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x