Geger Varian Omicron, Kemenkes: Indonesia Belum Terdeteksi

- 8 Desember 2021, 13:41 WIB
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi, saat konferensi pers virtual.
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi, saat konferensi pers virtual. /Dok. Tangkapan layar YouTube Kemenkes RI/

ARAHKATA - Virus varian baru COVID-19 yang dinamakan Omicron telah menggegerkan seluruh dunia.

Varian tersebut dikatakan sudah menyebar di 45 negara. Namun, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut varian tersebut belum terdeteksi di Indonesia.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan, hingga Selasa 7 Desember 2021 varian Omicron belum terdeteksi.

Baca Juga: Masuk Omicron, Pemerintah Singapura Minta Warga Vaksin Booster

Meski demikian, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap taat protokol kesehatan dan tetap berhati-hati dengan varian Omicron. Pasalnya, jumlah negara yang melaporkan kasus varian tersebut bertambah.

"Sudah hampir 45 negara yang melaporkan kasus tersebut, artinya sangat cepat penyebarannya," terang dr Nadia dikutip Arahkata dalam konferensi pers daring melalui kanal YouTube Lawan Covid19 ID, Rabu 8 Desember 2021.

Lebih lanjut Nadia menuturkan, negara yang melaporkan kasus varian Omicron seperti Spanyol dan Amerika Serikat tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri.

Baca Juga: Masyarakat Diminta Waspadai Berita Hoaks Virus Varian Omicron

"Ini menjadi perhatian untuk kita agar berhati-hati. Kita tetap melakukan pengetatan di pintu masuk negara tapi kita juga tetap berhati-hati karena kemungkinan ada varian Omicron yang terdeteksi tanpa ada riwayat perjalanan ke luar negeri," terang Nadia.

Tak hanya membatasi pintu masuk negara, Nadia juga mengingatkan, mematuhi protokol kesehatan (prokes) dan menggencarkan program vaksinasi COVID-19 menjadi salah satu upaya pencegahan penularan varian Omicron.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah