Masyarakat Diminta Waspadai Berita Hoaks Virus Varian Omicron

- 3 Desember 2021, 12:14 WIB
Juru Bicara Kominfo Dedy Permadi.
Juru Bicara Kominfo Dedy Permadi. /Kementerian Kominfo

ARAHKATA - Masyarakat Indonesia diminta untuk mewaspadai berita palsu atau hoaks mengenai varian baru virus COVID-19 Omicron, yang mungkin beredar di berbagai media sosial.

Melalui Juru Bicara (jubir) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dedy Permadi, mengatakan, saat ini pihaknya masih terus mempelajari berbagai informasi mengenai varian baru COVID-19 tersebut dan memutakhirkan langkah antisipasi dan sosialisasinya.

“Kami berharap masyarakat waspada dan terus menerapkan protokol kesehatan secara disiplin serta berhati-hati terhadap penyebaran hoaks dan disinformasi tentang varian ini," ujarnya Kamis, 2 Desember 2021.

Baca Juga: Antisipasi Varian Omicron, Ini Kata Ketua Satgas COVID-19 IDI

Oleh karenanya masyarakat diminta agar memperoleh berita terpercaya.

"Masyarakat kami minta untuk selalu mengakses informasi atau data dari sumber terpercaya,” lanjutnya.

Menurut Jubir Kominfo, penemuan varian yang menjadi perhatian (variant of concern) baru Omicron, menuntut seluruh elemen masyarakat untuk semakin waspada dan berhati-hati, terutama menyikapi hoaks dan disinformasi tentang varian tersebut.

Baca Juga: Kasus Varian Omicron Ditemukan di Singapura, 2 Orang Terinfeksi

Pemerintah dipastikan telah melakukan tindakan cepat guna mengantisipasi varian virus baru COVID-19 tersebut agar tidak masuk ke Indonesia.

“Pemerintah meminta untuk tetap mengoptimalkan perlindungan kesehatan dengan disiplin protokol kesehatan, segera melakukan vaksinasi, dan mencari informasi dari sumber yang kredibel,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x