Indonesia Kedatangan Lagi Vaksin COVID-19 Pfizer

- 15 Desember 2021, 12:03 WIB
Ilustrasi vaksin Pfizer dan Moderna.
Ilustrasi vaksin Pfizer dan Moderna. /Dado Ruvic/Reuters

ARAHKATA - Indonesia kembali kedatangan lagi vaksin COVID-19 Pfizer. Vaksin ini, merupakan donasi dari Amerika Serikat (AS) melalui program bersama COVID-19 Vaccines Global Access (COVAX) Facility. 

Vaksin tersebut datang pada Selasa, 14 Desember 2021. Jadi, total kedatangan vaksin tersebut yang dikirim ke Indonesia mencapai 1.759.965 dosis. 

Kedatangan vaksin Pfizer yang masuk dalam tahap ke-158 ini, tiba di tanah air dalam dua kali pengiriman yakni pertama pada pukul 15.45 WIB di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten. Dengan menggunakan maskapai Emirates Airline yang memiliki nomor penerbangan EK356. 

Baca Juga: Menkes Minta Masyarakat Mau Divaksin AstraZeneca-Pfizer

Kemudian, pada malamnya, sekitar pukul 22.15 juga telah kedatangan kembali vaksin Pfizer pengiriman kedua di Bandara Soetta dengan menggunakan maskapai Emirates Airline yang memiliki nomor penerbangan EK358. 

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) pada 14 Juli 2021, telah menerbitkan Emergency Use Authorization (EUA) untuk jenis vaksin ini.

Hal tersebut didasari oleh, data uji klinik fase 3, efikasi vaksin Pfizer pada usia 16 tahun ke atas menunjukan keberhasilan sebanyak 95,5 persen dan pada remaja usia 12-15 tahun sebesar 100 persen.

Baca Juga: Kemenkes Gandeng PT Pfizer Cegah Berbagai Penyakit di Indonesia

Data menunjukkan pemberian 2 dosis vaksin itu dalam selang 3 minggu menghasilkan respons imun yang baik. 

Vaksin kali ini, didapatkan melalui skema kerja sama bilateral yang melibatkan antara pemerintah Indonesia, pemerintah AS, dan organisasi internasional dunia yang menaungi program bersama COVAX Facility.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x