TNI AL Akan Bangun Pangkalan Baru di Pulau Natuna

- 20 Januari 2022, 12:37 WIB
Peran canggih yang terdapat di Grachonok Class yang harus dimiliki TNI AL untuk jaga Lantamal
Peran canggih yang terdapat di Grachonok Class yang harus dimiliki TNI AL untuk jaga Lantamal /Roman Pimenov/Ðîìàí Ïèìåíîâ/ÒÀÑÑ

ARAHKATA - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) lakukan survei pembangunan pangkalan baru di Pulau Natuna pada Rabu, 19 Januari 2022.

Wakil Asisten Logistik Kasal (Waaslog Kasal), Laksamana Pertama TNI Rachmat Hartoyo, menjelaskan rencana TNI AL membangun pangkalan yaitu Markas Komando (Mako) Pangkatan Utama TNI AL (Lantamal) dan Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Fasharkan) di Wilayah Kepulauan Natuna. 
 
Perencanaan tersebut diawali dengan pelaksanaan survei lahan oleh Wakil Asisten Logistik Kasal (Waaslog Kasal), Laksamana Pertama TNI Rachmat Hartoyo, beserta Tim Mabesal didampingi Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Dofir.

Baca Juga: Dua Perwira TNI Adu Pukul di Markas Sendiri, Dandim Gagal Melerai

Menurut Rachmat, pembangunan pangkalan sangatlah penting karena sebagai bagian pembangunan wilayah pertahanan bagian tengah yang berhadapan langsung dengan batas wilayah beberapa negara.
 
“Dengan adanya Rencana pembangunan pangkalan ini maka mempermudah mobilisasi militer dan penyaluran logistik," ujar Rachmat.

Dalam kegiatan survei tersebut, Waaslog Kasal beserta Tim Mabesal mengunjungi beberapa desa antara lain Desa Cemaga Selatan, Kec. Bunguran Selatan, Desa Sabang Mawang dan Desa Sabang Mawang Barat, Kecamatan Pulau Tiga Kabupaten Natuna.

Baca Juga: Pembunuhan Anggota TNI, PN Depok Vonis Lebih Tinggi dari Jaksa

Serta meninjau beberapa pembangunan sarana Perkantoran dan prasarana berupa Water Treatment Plant type ECR (electro coagulant removal) Faslabuh di Selat Lampa Natuna, meninjau GWT (Ground Water Tank) di Sabang Mawang, Markas Komando, Mess dan Rumdis Lanal Ranai serta Mako Kompi Komposit Marinir.

Hal ini sejalan dengan Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam pelaksanaan pembangunan dan peningkatan sarana dan prasarana pangkalan TNI AL.***

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah