Kapan Bulan Puasa Dimulai? Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadhan pada Tanggal Ini

- 22 Maret 2022, 09:30 WIB
Selain ibadah puasa sendiri, terdapat berbagai amalan yang dapat menyempurnakan puasa seorang muslim.
Selain ibadah puasa sendiri, terdapat berbagai amalan yang dapat menyempurnakan puasa seorang muslim. /Pixabay/Chiplanay/

ARAHKATA - Sebentar lagi umat Islam akan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Umat muslim wajib untuk berpuasa, menahan lapar, haus dan emosi.

Lalu kapan bulan puasa 2022 mulai dimulai?

Bulan puasa dimulai ketika memasuki 1 Ramadhan, oleh karena itu salah satu organisasi islam yang terbesar di Indonesia yakni Muhammadiyah menentukan 1 Ramadhan jatuh pada 2 April 2022.

Baca Juga: Aman! Kepolisian Akan Pantau Distribusi dan Harga Minyak Goreng

Hal tersebut dikatakan oleh sekretaris pimpinan pusat Muhammadiyah, Dr. H Agung Danarto melalui kanal YouTube Channel Muhammadiyah.

"Maka dengan terlihatnya hilal tersebut, Pimpinan Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan 1443 H jatuh pada hari Sabtu Pon, 2 April 2022 M," katanya dikutip Arahkata pada Selasa, 22 Maret 2022.

Penetapan tersebut berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah, maka ditetapkanlah awal bulan puasa.

Baca Juga: Keutamaan Bulan Puasa! Dapat Hapus Dosa Terdahulu Kata Ustadz Adi Hidayat

Pada hari Jumat Pahing, 29 Sya'ban 1443 H bertepatan dengan 1 April 2022 M, ijtimak jelang Ramadhan 1443 H terjadi pada pukul 13:27:13 WIB.

Jadi hilal sudah wujud atau terlihat, dan di seluruh wilayah Indonesia pada saat matahari terbenam itu bulan berada di atas ufuk.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x