Kemenag Luncurkan 10 Juta Produk Bersertifikasi Halal

- 29 Maret 2022, 18:42 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta jajarannya berkomitmen dalam optimalisasi Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta jajarannya berkomitmen dalam optimalisasi Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN). /Kementerian Agama

ARAHKATA - Kementerian Agama (Kemenag) melalui Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas luncurkan Program 10 Juta Produk Bersertifikat Halal pada 2022.

Launching dilakukan bersamaan dengan pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag 2022 yang mengusung tema 'Akselerasi Transformasi Layanan Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal'.

Launching ini ditandai dengan Kick Off Program Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) bagi pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) untuk 2022.

Baca Juga: Catat! Ini 101 Titik Rukyatul Hilal Awal Ramadhan 1443 H yang Ditetapkan Kemenag

Yaqut mengatakan bahwa Program Sehati untuk mencapai 10 juta produk bersertifikat halal merupakan terobosan penting yang akan membawa banyak implikasi positif.

"Saya mengapresiasi Program 10 Juta Produk Bersertifikat Halal yang diinisiasi BPJPH pada tahun 2022. Akselerasi sertifikasi halal untuk 10 juta produk halal ini merupakan terobosan penting dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional," katanya dikutip Arahkata pada Selasa, 29 Maret 2022.

Yaqut berharap, sertifikasi halal yang dilakukan secara masif, menjadi pemantik geliat UMK untuk kembali bangkit setelah lebih dua tahun  terdampak pandemi COVID-19. 

Baca Juga: Sidang Isbat 1 Ramadhan 1443 H, Kemenag Tetapkan 101 Titik

"Saya mengundang dan mengajak kementerian dan lembaga negara, serta dinas, pemda, perbankan, dan instansi swasta untuk bersama-sama memberikan fasilitasi pembiayaan sertifikasi halal untuk para pelaku UMK di Indonesia," paparnya.

Kepada jajarannya di BPJPH, Yaqut mengingatkan bahwa target 10 juta produk bersertifikat halal adalah tantangan yang besar.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x