Mantap! Kemenhub Sediakan 350 Bus Gratis untuk Mudik

- 9 April 2022, 15:01 WIB
Ilustrasi. Cara mendaftar mudik gratis Kemenhub 2022 beserta syarat pendaftaran calon pemudik.
Ilustrasi. Cara mendaftar mudik gratis Kemenhub 2022 beserta syarat pendaftaran calon pemudik. /Unsplash/CHUTTERSNAP

ARAHKATA - Dua kali Idul Fitri mudik atau pulang kampung tidak di perbolehkan karena pandemi COVID-19.

Namun tahun ini masyarakat Indonesia sudah diperbolehkan kembali untuk mudik, hal itu sesuai dengan pernyataan Presiden Joko Widodo.

Sementara itu menindaklanjuti tingginya animo masyarakat atas mudik ini, maka mewakili Pemerintah, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Ditjen Hubdat Kemenhub) kembali menggelar program mudik gratis 2022.

Baca Juga: Kemenhub Akan Evaluasi Layanan Bus Usai Event MotoGP Mandalika

Program mudik gratis yang dicanangkan pemerintah itu, bertujuan untuk meningkatkan aspek keselamatan dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi (sepeda motor) oleh pemudik.

Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi menyampaikan bahwa pihaknya menyiapkan sebanyak 350 unit bus untuk mendukung program mudik gratis tahun ini.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor, apalagi dengan muatan yang sarat penumpang dan barang," ucapnya Jumat 8 Maret 2022.

Baca Juga: Kemenhub Tentukan Lokasi Calon Bandara IKN, Lokasinya Sangat Strategis

Hanya saja dikatakannya, bahwa pelaksanaan mudik gratis dengan bus dan truk pengangkut motor pada tahun ini tidak sebesar seperti pada tahun-tahun sebelum pandemi.

"Anggaran tahun ini tidak terlalu besar, dan kisaran masyarakat yang dapat ditampung hanya 10.500 penumpang dengan 350 unit bus," tambahnya.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah