Catat! Jelang Mudik Lebaran, Sejumlah Bandara Ini Sediakan Sentra Vaksinasi

- 12 April 2022, 12:22 WIB
Ilustrasi Bandara Incheon, Korea Selatan.
Ilustrasi Bandara Incheon, Korea Selatan. /Riccardo/Pexels

ARAHKATA - Jelang Hari Raya Idul Fitri, PT Angkasa Pura/AP I (Persero) menyiapkan sentra vaksinasi COVID-19 di bandara-bandara kelolaan mulai 6 April 2022.

Hal tersebut merupakan dukungan perusahaan untuk mendorong percepatan program vaksinasi sebagai salah satu persyaratan perjalanan udara di masa pandemi, khususnya di tempat-tempat umum termasuk bandara dari Kementerian Kesehatan.

"Hadirnya sentra vaksinasi di bandara-bandara yang kami kelola ini diharapkan dapat mempercepat dan meningkatkan angka vaksinasi dosis kedua dan ketiga (booster) bagi seluruh pengguna jasa dan masyarakat di sekitar bandara-bandara yang kami kelola," kata Direktur Utama AP I, Faik Fahmi Senin, 11 April 2022.

Baca Juga: Kabar Baik! Penerima Vaksin J&J Bisa Booster, Ini Jenisnya

"AP I bersama pemangku kepentingan terkait juga akan memastikan implementasi pelaksanaanya sentra vaksinasi dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat," lanjutnya.

Penyelenggaraan sentra vaksinasi ini bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) masing-masing bandara, Dinas Kesehatan, TNI, Polri, dan komunitas bandara lainnya.

KKP dan Dinas Kesehatan setempat bertugas sebagai penyelenggara vaksinasi yang akan menyediakan tenaga kesehatan/vaksinator dan vaksin bagi pengguna jasa dan masyarakat.

Baca Juga: Dukung Mudik Lancar, Pemkot Bandung Sediakan 22 Titik Vaksin Booster

Adapun persyaratan umum dalam melakukan vaksinasi yaitu Warga Negara Indonesia, memiliki KTP, sehat dan tidak sedang positif COVID-19, berusia 6 tahun keatas untuk vaksin premier, dan 18 tahun ke atas untuk vaksin booster, sudah mendapatkan vaksin dosis ke-2 selama minimal 3 bulan untuk vaksin booster, dan telah memiliki tiket vaksinasi di aplikasi PeduliLindungi.

Berikut ini sentra vaksinasi tersedia di 9 bandara AP I yang sudah dilaksanakan sejak 11 April 2022.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x