Gunung Anak Krakatau Erupsi, Kemenhub: Semua Beroperasi Secara Normal

- 28 April 2022, 14:02 WIB
ERUPSI ANAK KRAKATAU
ERUPSI ANAK KRAKATAU /ANTARA FOTO

ARAHKATA - Gunung Anak Krakatau (GAK) diketahui mengalami peningkatan aktivitas.

Dari level II (Waspada) menjadi Level III (Siaga) pada 26 April 2022.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (DJPU Kemenhub) memastikan akibat erupsi GAK tidak memengaruhi aktivitas penerbangan di sekitarnya.

Baca Juga: Gunung Anak Krakatau Jadi Level 2, Wisatawan Dilarang Mendekat

"Saat ini, berdasarkan hasil pemantauan, tidak ada rute penerbangan dan bandara yang terdampak oleh erupsi Gunung Anak Krakatau, semua masih beroperasi secara normal," ujar Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto Rabu, 27 April 2022.

Namun demikian, pihaknya akan tetap melakukan pemantauan dan berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan Perum LPPNPI (AirNav Indonesia), guna menjamin keselamatan dan keamanan penerbangan.

Novie menjelaskan bahwa Direktorat Jenderal Perhubungan Udara telah memiliki sistem Integrated Webbased Aeronautical Information System Handling (I-Wish).

Baca Juga: PVMBG Ungkap Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi

Yaitu media koordinasi dengan stakeholders penerbangan dalam mendeteksi secara dini dampak erupsi terhadap operasional penerbangan guna mengantisipasi perkembangan pengaruh sebaran abu vulkanik akibat erupsi gunung berapi.

"Sistem ini merupakan sarana koordinasi bersama dalam pengambilan keputusan terkait dengan operasional penerbangan atau Collaborative Decision Making antar stakeholders, antara lain dalam hal adanya penutupan (tidak beroperasinya) suatu bandara karena sebaran abu vulkanik akibat erupsi gunung," jelasnya.***

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x