Jokowi Resmikan Pabrik Baja PT Krakatau Steel

- 21 September 2021, 11:58 WIB
Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Baja di Cilegon Banten, Puan Kenang Jasa Bung Karno
Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Baja di Cilegon Banten, Puan Kenang Jasa Bung Karno /DPR

ARAHKATA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik baja Hot Strip Mill 2 milik PT Krakatau Steel Tbk di Cilegon, Banten, pada Selasa, 21 September 2021.

“Hari ini kita akan menyaksikan peresmian Hot Strip Mill dari PT Krakatau Steel yang menggunakan teknologi modern dan terbaru di industri Baja,” kata Presiden Jokowi.

Jokowi juga menjelaskan jika hanya ada dua pabrik sejenis Hot Strip Mill di dunia.

Baca Juga: Jokowi Beri Santunan untuk Mantan Atlet Verawaty Wiharjo

“Hanya ada dua (pabrik sejenis ini) di dunia, pertama di Amerika Serikat dan kedua di Indonesia yaitu di Krakatau Steel. Saya tadi sudah melihat ke dalam proses produksinya dan betul-betul berteknologi tinggi,” ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga mengungkapkan bahwa Hot Strip Mill 2 ini dapat memproduksi Hot Rolled Coil (HRC) mencapai 1,5 juta ton per tahun dan akan terus ditingkatkan.

“Ini merupakan pabrik pertama di Indonesia yang mampu menghasilkan HRC kualitas premium. Produksinya akan terus kita tingkatkan sampai mencapai 4 juta ton per tahun,” katanya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Rusun Pasar Rumput Jakarta Selatan

Lebih lanjut, Presiden berharap dengan diresmikannya pabrik Hot Strip Mill 2 dapat memenuhi kebutuhan baja dalam negeri, sehingga dapat menghemat devisa sebesar Rp29 triliun per tahun.

Sementara itu, ia juga mendorong para Menteri untuk terus mendukung upaya pelaku usaha di industri baja dan besi.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x