Presiden Jokowi dan PM Australia Bertemu, Bahas Lima Peluang Kerja Sama Ini

- 7 Juni 2022, 11:39 WIB
Presiden Jokowi saat menerima kunjungan PM Australia, Anthony Albanese di Istana Kepresidenan.
Presiden Jokowi saat menerima kunjungan PM Australia, Anthony Albanese di Istana Kepresidenan. /Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

ARAHKATA - Pertemuan bilateral antara Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dengan Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese membahas lima peluang kerja sama penting.

Pertemuan tersebut dilakukan pada Senin, 6 Juni 2022 di Istana Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat.

Peluang kerja sama yang pertama adalah perluasan akses ekspor produk Indonesia dengan nilai tambah ke Australia dapat terus dibuka.

Baca Juga: Diplomasi Sepeda Bambu Ala Jokowi, Pentingnya Kendaraan Ramah Lingkungan

Produk yang dimaksud tersebut seperti ekspor mobil completely built up (CBU) atau buatan Indonesia yang pada Februari 2022 sudah dimulai diekspor ke sana. 

"Ekspor perdana mobil CBU Indonesia ke Australia telah dimulai di Februari 2022 lalu dan saya mengharapkan akses ekspor seperti itu akan terus terbuka," kata Jokowi.

Kedua, implementasi perjanjian Indonesia–Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) terkait kesempatan kerja Warga Negara Indonesia di Australia dapat ditingkatkan. Termasuk penambahan kuota working holiday visa menjadi lima ribu peserta per tahun.

Baca Juga: Jokowi Turut Berduka Cita Kepergian Eril: Ketabahan Ridwan Kamil Patut Diteladani

Ketiga, adanya peluang menjalin kerja sama dalam bidang pendidikan yakni pembukaan institusi pendidikan tinggi Monash University.

Dan dalam sektor kesehatan investasi Aspen Medical untuk membangun 23 rumah sakit dan 650 klinik di Provinsi Jawa Barat. Dengan nilai mencapai sekitar USD1 miliar selama 20 tahun.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x