Meski Belum Ada Kasus Cacar Monyet, Indonesia Siapkan Dua Laboratorium

- 25 Juni 2022, 17:53 WIB
Penjelasan Menkes Terkait 9 Pasein Idap Penyakit Lain Bukan Cacar Monyet/
Penjelasan Menkes Terkait 9 Pasein Idap Penyakit Lain Bukan Cacar Monyet/ /geralt/pixabay/

ARAHKATA - Kasus cacar monyet atau monkeypox di Indonesia belum ada, namun ada dugaan tujuh pasien, satu pasien di antaranya menderita cacar namun bukan cacar monyet.

Hal itu dikatakan oleh Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Mohammad Syahril.

Syahril mengatakan total kasus yang dicurigai ada sembilan namun semuanya bukan cacar monyet.

Baca Juga: Kemenkes Singapura Temukan Kasus Cacar Monyet Pada Pelancong yang Transit!

“Alhamdulillah kasusnya belum ada di Indonesia. Ada dua laboratorium yang disiapkan pemerintah untuk mendeteksi dini apabila ada dugaan monkeypox di Indonesia,” kata Syahril Jumat, 24 Juni 2022.

Adapun laboratorium itu adalah pusat Studi Satwa Primata, LPPM, Institut Pertanian Bogor dan Laboratorium Penyakit Infeksi Prof. Sri Oemiyati.

Cacar monyet merupakan infeksi zoonosis, penyebabnya adalah hewan identifikasi adanya virus ini di tupai tali, tupai pohon, tikus berkantung gambia, primata atau kera.

Baca Juga: Kasus Cacar Monyet Pertama Terdeteksi di Thailand!

Penularan virus monkeypox itu dari hewan ke manusia secara kontak langsung dengan darah (monyet, tikus, tupai). Kemudian ke cairan tubuh, lesi kulit atau Lesi mukosa dari hewan yang terinfeksi.

Selanjutnya dari daging hewan liar yang terinfeksi atau bush meat juga dapat menjadi rute penularan penyakit. Transmisi selanjutnya dari manusia ke manusia melalui kontak langsung seperti darah, cairan tubuh, atau Lesi kulit (mukosa).

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x