Kepala Badan Lingkungan AS Puji Pengolahan Sampah di Jimbaran

- 30 Agustus 2022, 09:22 WIB
Kepala Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) Amerika Serikat Michael S. Regan memuji fasilitas pengolahan sampah yang ada di Jimbaran, Badung, Bali.
Kepala Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) Amerika Serikat Michael S. Regan memuji fasilitas pengolahan sampah yang ada di Jimbaran, Badung, Bali. /ANTARA

ARAHKATA - Kepala Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) Amerika Serikat Michael S. Regan memuji fasilitas pengolahan sampah yang ada di Jimbaran, Badung, Bali.

Reagan berkomentar saat ia berkunjung dan melihat langsung proses pengolahan limbah domestik di tempat itu.

Ia mengaku terkesan dengan inovasi yang diterapkan di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Samtaku di Jimbaran, yang mengolah 60–80 ton limbah domestik per harinya.

Baca Juga: Buat Laporan Palsu, Kuasa Hukum Keluarga Brigadir J Laporkan FS dan PC ke Bareskrim Polri

“Kami telah melihat beberapa cara terbaik (best practice), penggunaan teknologi, dan peluang kerja yang terbentuk (di TPST Samtaku). Saya terkesan melihat 55 persen pekerja di sini adalah perempuan,” kata Regan dilansir ANTARA dikutip ArahKata.com. di TPST Samtaku, Jimbaran, Bali, Senin, 29 Agustus 2022.

Menurut dia, pengelolaan sampah yang menjadi salah satu masalah global, membutuhkan kerja sama antarpihak mulai dari pemerintah, swasta, dan badan-badan pembiayaan.

Ia menyebut pemerintah AS ikut berkontribusi membiayai berbagai inisiatif dan program pengelolaan sampah melalui Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID).

Baca Juga: Menteri Erick Thohir Sebut BUMN Salurkan Pembiayaan Bagi UMKM Rp386 Triliun

“Kami bekerja sama dengan mitra pemerintah di tingkat nasional dan daerah untuk memperkuat kapasitas yang dibutuhkan untuk perencanaan, anggaran, dan implementasi program pengelolaan sampah,” kata Regan.

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x