Gertakau BEM Vokasi UI Wujudkan Penerangan Malam Hari di Muara Bungin Bekasi

- 13 Oktober 2023, 17:26 WIB
Tanaman bakau
Tanaman bakau /Pxhere/iconOcon/Rewat wannasuk/

ARAHKATA - Badan Eksekutif Mahasiswa Vokasi Universitas Indonesia (BEM Vokasi UI) tahun 2023 melakukan kegiatan menamam bakau di Muara Bungin, Pantai Bakti, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu 7 Oktober 2023 lalu.

Gerakan Tanam Bakau (Gertakau) dilakukan BEM Vokasi UI berangkat dari keresahan anggota Departemen Sosial Masyarakat dan
Lingkungan BEM Vokasi UI yang beranggapan bahwa masih ada beberapa lingkungan hidup di Indonesia, khususnya di Jabodetabek yang butuhkan perhatian khusus dari pemerintah dan lapisan masyarakat lainnya.

Sekarang ini bumi dinilai sedang mengalami perubahan iklim yang relatif ekstrem. Hal tersebut dapat menyebabkan berbagai perubahan, mulai dari kenaikan level permukaan air laut, pemanasan laut, suhu dan curah hujan yang meningkat sampai badai tropis.

Baca Juga: Selamat! Jennifer Coppen dan Dali Wassink Resmi Menikah

"Untuk menghadapi atau mencegah hal ini menjadi semakin parah, salah satu hal yang mampu dilakukan adalah upaya
transisi energi," kata Wakil Ketua Pelaksana Gertakau Vokasi UI 2023, Naiko dikutip, Kamis, 12 Oktober 2023.

Jajaran panitia Gertakau tahun 2023 berinisiatif untuk memasang lampu jalanan berbasis panel surya. BEM Vokasi UI menilai lampu panel surya matahari merupakan media kerja yang sangat penting dimana panel surya menerima cahaya matahari untuk kemudian diubah menjadi energi listrik melalui proses fotovoltaik.

Naiko menuturkan, para warga di Muara Bungin sebelumnya harus memakai headlamp ketika keluar di malam hari lantatan penerangan jalan yang terbatas.

Baca Juga: OC Kaligis Nyatakan Klien Heddy Kandou Adalah Korban Kriminalisasi

"Dengan lampu panel surya bisa jadi solusi menekan biaya bagi warga desa setempat ketimbang mengunakan lapu energi listrik", ujarnya.

Program ini, kata Naiko, membuat para warga di Muara Bungin senang lantaran sebelumnya para warga setempat kadang harus memakai headlamp ketika keluar di malam hari karena penerangan jalan yang terbatas.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x