Pemakaman Ditunda, Jenazah Lukas Enembe Masih Diarak Massa

- 29 Desember 2023, 12:44 WIB
Pemakaman Ditunda, Jenazah Lukas Enembe Masih Diarak Massa
Pemakaman Ditunda, Jenazah Lukas Enembe Masih Diarak Massa /

ARAHKATA - Pemakaman jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe terpaksa ditunda pada Kamis 28 Desember 2023.

Hal itu dikarenakan jenazah Lukas Enembe masih diarak oleh massa. Proses membawa jenazah pun juga sempat terhambat sehingga tidak sampai tepat waktu ke rumah duka.

"Sampai saat ini masih belum sampai di kediaman karena mereka masih terus melakukan aktivitas pengantaran jenazah menuju rumah almarhum di Koya Tengah," ujar Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri, Kamis 28 Desember 2023.

Baca Juga: Lukas Enembe Dimakamkan, Kapolda Papua Turunkan 500 Personel untuk Pengamanan

Menurutnya, rombongan terhambat karena ada masyarakat yang menahan untuk melakukan prosesi pelepasan dan juga ada beberapa kali gesekan dengan aparat karena sikap massa yang cendrung anarki.

"Dalam perjalanan menuju sana itu juga ada insiden ada terjadi keributan di depan makam Theys. Kemudian sampe di Waena lagi berhenti di Expo, dicegat ada prosesi lagi di sana, kemudian terjadi pembakaran ruko di dekat lampu merah Waena," tuturnya.

Pemakaman diperkirakan akan dilakukan pada Jumat 29 Desember 2023 pagi.

Baca Juga: KPK Sampaikan Duka Cita Atas Meninggalnya Lukas Enembe

"Saya sangat berharap sekali lagi kepada anak-anak kami, saudara-saudara kami yang berduka. Mari berduka yang benar, sesuai budaya kita di Papua. Bukan melakukan hal-hal yang merusak, mencederai martabat dan harkat kita sebagai anak Papua. Kita telah merusak, mencoreng sendiri. Ini mudah-mudahan ke depan setelah prosesi pemakaman yang menurut kami pasti akan terjadi besok pagi," kata Fakhiri.***

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x