Hujan Lebat Akibatkan Jembatan Putus di Pacitan

- 15 November 2020, 22:58 WIB
Hujan lebat mengakibatkan setidaknya dua kecamatan tergenang banjir. Selain banjir, sejumlah tanah longsor dan jembatan putus
Hujan lebat mengakibatkan setidaknya dua kecamatan tergenang banjir. Selain banjir, sejumlah tanah longsor dan jembatan putus /Mascuk/Akuratnews.com

ARAHKATA - Hujan lebat dengan durasi cukup panjang di sebagian wilayah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Minggu sore, (15/ 11), mengakibatkan setidaknya dua kecamatan tergenang banjir. Selain banjir, sejumlah tanah longsor dan jembatan putus di beberapa titik seakan melengkapi bencana alam tersebut.

Puluhan rumah warga, fasilitas umum dan areal persawahan yang tergenang banjir akibat meluapnya Sungai Kebonagung itu, berada di wilayah Kecamatan Kebonagung dan Kecamatan Kota.

Sedangkan jembatan antar desa yang putus terbawa arus, sempat memisahkan Desa Banjarejo dan Desa Punjung. Di dua wilayah desa tersebut juga terjadi longsor, pohon tumbang dan putusnya jaringan listrik.

Baca Juga: Gandeng YPJI, Kemensos Berikan 5.300 Bansos Kepada Jurnalis

Dikutip Arahkata.com dari situs Akuratnews.com, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan, Didik Alih Wibowo, membenarkan bencana alam tersebut. Akses jalur lalu lintas dari menuju kota terputus

"Ya benar bencana alam itu. Yang meluap Sungai Kebon agung dan anak sungainya. Pendataan rinci kami lakukan besok. Saat ini kami lakukan penanganan darurat dulu," jelas Didik Alih Wibowo.

Sumber BPBD setempat menyebutkan, meluapnya air Sungai Kebonagung tersebut diakibatkan derasnya air dari wilayah hulu sungai, yang berada di Sungai Grindulu.

Baca Juga: Terungkap Sosok Menantu Habib Rizieq, Alumni ITB dan Kader HMI

Akibatnya, luapan air Sungai Kebonagung di wilayah Kecamatan Kebonagung tersebut meluber melampaui tanggul, hingga menggenangi rumah, fasilitas umum dan areal sawah di desa Sukoharjo, Desa kayen dan desa Purwoasri.

Halaman:

Editor: Ahmad Ahyar

Sumber: Akuratnews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x