Jokowi: Kecam Kekerasan Israel di Gaza, Saatnya Dunia Selesaikan Masalah Palestina

- 20 Oktober 2023, 15:35 WIB
Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo /BMI Setpres/

ARAHKATA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan sikap Indonesia yang mengecam tindakan kekerasan Israel di Gaza, Palestina.

Indonesia juga mengutuk serangan terhadap rumah sakit Al Ahli di Gaza yang menewaskan sekitar 500 orang pada Selasa, 17 Oktober 2023.

“Ini jelas pelanggaran terhadap hukum humaniter internasional,” kata Jokowi dalam keterangan persnya dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Kamis, 19 Oktober 2023.

Baca Juga: Richard Lee Gagal Giring Dokter Kanya Ayu Untuk Cari Dukungan Galon Guna Ulang Berbahaya

Jokowi mengaku, telah memerintahkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk aktif dalam pertemuan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) serta memastikan proses evakuasi warga negara Indonesia (WNI) terus dilakukan.

“Saya perintahkan menteri luar negeri untuk hadir dalam pertemuan luar biasa para Menlu OKI di Jeddah kemarin, serta terus mengupayakan evakuasi WNI yang saat ini masih terkendala kondisi lapangan,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, Indonesia tidak akan tinggal diam melihat korban yang terus berjatuhan. Bersama organisasi internasional seperti OKI, Indonesia akan terus menyerukan pesan untuk menghentikan eskalasi yang terjadi di Gaza.

Baca Juga: Menlu Retno: PBB Tak Mampu Jalankan Fungsinya Saat Israel Serang Palestina Dunia Membisu

“Indonesia bersama-sama dengan OKI mengirimkan pesan kuat kepada dunia untuk menghentikan eskalasi, untuk menghentikan penggunaan kekerasan, untuk fokus pada masalah kemanusiaan,” kata Jokowi.

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah