Tegas! Menlu Retno Walk Out saat Dubes Israel Pidato di Forum DK PBB

- 25 Januari 2024, 21:58 WIB
Foto arsip - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kiri) bersama Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Jodi Mahardi (kanan) antara foto
Foto arsip - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kiri) bersama Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Jodi Mahardi (kanan) antara foto /

ARAHKATA - Forum debat terbuka Dewan Keamanan PBB yang diadakan di Markas Besar PBB di New York, AS, pada Selasa, 23 Januari 2024, menyisakan pemandangan yang menarik.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi yang hadir sebagai partisipan dalam debat tersebut tiba-tiba melakukan walk out, tepat saat Duta Besar Israel, Gilad Ergan, menyampaikan pidatonya.

Berdasarkan video yang beredar di media sosial, Menlu Retno tampak menggunakan baju berwarna hitam dengan motif garis putih, berjalan keluar ruangan debat bersama para staf.

Baca Juga: Haidar Alwi: Sebutkan UU Bolehkan Presiden Memihak Salah Satu Capres 

Gilad Ergan berbicara di forum yang pada intinya menuding Hamas dan Jihad Islam telah mengancam keamanan nasional.

“Namun, kekuatan teror ini hanyalah gejala belaka, sebuah gejala untuk ancaman keamanan yang sesungguhnya di wilayah tersebut dan sekitarnya,” ucap Gilad.

Itu adalah debat ke-3 yang telah diselenggarakan DK PBB sejak perang Israel-Hamas pecah pada Oktober 2023 lalu.

Baca Juga: Menko Luhut Geram Ucapan Cak Imin sebut Hilirisasi Ugal-ugalan, Bohongi Publik 

Saat memperoleh kesempatan bicara, Menlu Retno menyampaikan komitmen teguh Indonesia untuk membela kemerdekaan Palestina.

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah