Pandemi Berpotensi Tingkatkan Perokok Anak, Ini Dukungan Lentera Anak kepada Menkes Soal Revisi PP 109/2012

- 16 Maret 2021, 15:50 WIB
Ilustrasi pentingnya regulasi dalam menekan anak perokok.
Ilustrasi pentingnya regulasi dalam menekan anak perokok. /Arahkata/

ARAHKATA – Lentera Anak mengapresiasi komitmen Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin yang saat ini sedang memproses revisi Peraturan Pemerintah Nomor 109 tahun 2012 (PP 109/2012) tentang pengamanan bahan yang mengandung zat adiktif berupa produk tembakau bagi kesehatan bersama jajaran lintas sektor terkait.

Menkes Budi Sadikin menegaskan bahwa revisi PP 109/2012 ini dimaksudkan untuk memperluas peringatan kesehatan gambar/PHW menjadi 90%, melarang penjualan rokok batangan, melakukan pengaturan untuk rokok elektronik dan melarang iklan rokok di media teknologi informasi dan luar ruang.

Menkes juga mengajak semua pihak memperkuat komitmen dalam pengendalian konsumsi rokok demi penurunan prevalensi perokok anak.

Baca Juga: Waktu Terbaik dan Tata Cara Sholat Taubat di Malam Nisfu Sya'ban

Menkes menyatakan sangat prihatin terhadap terus meningkatnya prevalensi perokok anak di Indonesia. Mengutip data Riset Kesehatan Dasar 2018, bahwa prevalensi merokok penduduk usia anak 10-18 tahun naik mencapai 9,1% pada 2018 dari sebelumnya sebesar 7,2% pada 2013. Menurut Menkes, kenaikan ini terjadi akibat masifnya paparan iklan promosi dan sponsor rokok pada anak di Indonesia.

Baca Juga: Besok, Kemenkumham Bawa Berkas Demokrat Kubu Moeldoko ke DPR

Bahkan Menkes merisaukan jumlah perokok muda yang semakin meningkat di masa pandemi. Ia mengutip hasil survei di 25 provinsi, bahwa perokok aktif anak usia 15 sampai 24 tahun mencapai 35%. Jumlah perokok usia muda ini lebih besar dibandingkan jumlah perokok aktif usia 25-34 tahun yang sebesar 24%, usia 35-44 tahun sebesar 21%, dan sebanyak 20% pada usia di atas 45 tahun.

Hal ini disampaikan Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam webinar bertajuk “Bersama Akhiri Epidemi Rokok dan Pandemi Covid 19 di Indonesia, yang diadakan Asosiasi Dinas Kesehatan (Adinkes), hari ini (16/03/2021), di Jakarta, melalui zoom meeting, dan diikuti lebih dari 500 peserta.

Lentera Anak sangat mengapresiasi komitmen Menkes Budi Gunadi Sadikin dan sangat mendukung upaya-upaya Pemerintah untuk melindungi anak dari dampak rokok dan menurunkan prevalensi perokok anak di Indonesia.

Halaman:

Editor: Mohammad Irawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x