269 Juta Masyarakat Terlindungi Program JKN Peringati Hari Kesehatan Sedunia

- 7 April 2024, 10:34 WIB
Ilustrasi Hari Kesehatan Sedunia 2022. Tanggal 7 April 2022 Hari Apa? Hari Kesehatan Sedunia dan Hari Ketujuh Puasa Ramadhan 2022.*
Ilustrasi Hari Kesehatan Sedunia 2022. Tanggal 7 April 2022 Hari Apa? Hari Kesehatan Sedunia dan Hari Ketujuh Puasa Ramadhan 2022.* /tangkap layar ditpsd.kemdikbud.go.id/Direktorat Sekolah Dasar

ARAHKATA - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menyatakan lebih dari 269 juta masyarakat Indonesia telah menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada Hari Kesehatan Sedunia yang diperingati setiap tanggal 7 April.

"Saat ini lebih dari 269 juta jiwa penduduk Indonesia sudah menjadi peserta Program JKN," kata Kepala Humas BPJS Kesehatan, Rizzky Anugerah dikonfirmasi di Jakarta, Minggu, 7 April 2024.

Rizzky mengatakan BPJS Kesehatan memaknai Hari Kesehatan Sedunia dengan menciptakan masyarakat yang sehat sebagai fondasi terciptanya negara yang kuat.

Baca Juga: MK Sebut Sidang Sudah Selesai Pastikan Tak akan Panggil Jokowi 

Salah satu caranya, kata dia, adalah melalui Program JKN yang memiliki konsep berperan aktif melindungi diri sendiri dan keluarga atau protection, berbagi dengan sesama dalam skema gotong royong yang merupakan budaya Indonesia atau sharing, dan patuh sebagai warga negara dengan menjadi peserta Program JKN atau compliance.

"Negara telah menghadirkan BPJS Kesehatan sebagai pengelola Program JKN untuk memberikan perlindungan jaminan kesehatan kepada penduduk Indonesia agar saat sakit mereka sudah ada kepastian yang menjamin dan tidak terbebani biaya berobat," ujarnya.

Rizzky mengatakan kehadiran BPJS Kesehatan dan Program JKN telah membawa sejumlah dampak positif bagi masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah kemampuan akses terhadap layanan kesehatan bagi semua lapisan masyarakat, termasuk orang miskin atau tidak mampu.

Baca Juga: KPK Desak Sekjen PDIP Hasto Informasikan Keberadaan Harun Masiku  

Pada tahun 2020, ungkap dia, hasil studi Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) menunjukkan bahwa tahun 2019, Program JKN mencegah 8,1 juta orang dari kemiskinan dan 1,6 juta orang miskin dari kemiskinan yang lebih parah akibat pengeluaran biaya kesehatan rumah tangga.

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah