Dana BOS Bakal Digunakan Program Makan Siang Gratis Ancam Kualitas Pendidikan Nasional

- 6 Maret 2024, 15:46 WIB
Siswa menunjukkan menu makanan saat uji coba program makan siang gratis di SMPN 2 Curug, Tangerang, Banten, Kamis, 29 Februari 2024. Menurut ahli gizi, Dr dr Gaga Irawan Nugraha, M Gizi, SpGK(K), pada usia anak-anak, sebaiknya dalam sekali makan terdapat minimal 50 gram protein hewani.
Siswa menunjukkan menu makanan saat uji coba program makan siang gratis di SMPN 2 Curug, Tangerang, Banten, Kamis, 29 Februari 2024. Menurut ahli gizi, Dr dr Gaga Irawan Nugraha, M Gizi, SpGK(K), pada usia anak-anak, sebaiknya dalam sekali makan terdapat minimal 50 gram protein hewani. /ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/

ARAHKATA - Penggunaan Dana Badan Operasional Sekolah (BOS) sebagai sumber pembiayaan makan siang gratis dapat mengancam kualitas pendidikan nasional.

Peneliti Muda Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Sharfina Indrayadi menerangkan, penggunaan Dana BOS untuk program ini tentu akan mengubah pengalokasian dana untuk program-program yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan.

"Dampak paling utama dalam mengalokasikan Dana BOS untuk program makan siang gratis adalah pada pembagian alokasi dana komponen lainnya yang dapat dibiayai oleh BOS," ujar Sharfina dalam keterangannya, Rabu, 6 Maret 2024.

Baca Juga: Anies Menolak Takut Soal Upaya Pembunuhan Karakter: Yang Asli Tidak Bisa Dibunuh! 

Penggunaan Dana BOS untuk makan siang gratis dikhawatirkan memunculkan pergeseran atau pengalihan dana yang tujuan awalnya difokuskan untuk mendukung ketersediaan akses dan peningkatan kualitas pendidikan.

Untuk itu, lanjutnya, diperlukan evaluasi menyeluruh untuk menghitung dampaknya terhadap alokasi dana untuk program lainnya.

Evaluasi juga dibutuhkan untuk menentukan seberapa besar pengurangan dana yang akan terjadi pada anggaran program-program lain, serta sejauh mana prioritas diberikan pada program makan siang gratis ini dibandingkan dengan program lain.

Baca Juga: PDIP Ingatkan Pemerintah dan DPR “Jangan Main-main” soal Naiknya Harga Beras

Menurut Sharfina, apabila mengacu pada pernyataan dari Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Gibran yang menyarankan penggunaan Dana BOS Afirmasi untuk program makan siang gratis ini, perlu dipertimbangkan dengan lebih mendalam.

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah