Ini Penjelasan KPU Manggarai Terkait Penghadangan Logistik Pilkada oleh Timses H2N

- 9 Desember 2020, 02:24 WIB
Ketua KPU Kabupaten Manggarai diwawancara wartawan usai debat
Ketua KPU Kabupaten Manggarai diwawancara wartawan usai debat /photo : floressmart

ARAHKATA - Detik-detik terakhir pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Kabupaten Manggarai tahun 2020, masyarakat dihebohkan dengan oleh rekaman video penghadangan logistik Pilkada di wilayah Desa Welu, Kecamatan Cibal, pada hari Selasa 8 Desember 2020, sekitar Pukul 22:30 WITA.

Rekaman video amatir berdurasi 3 menit 27 detik tersebut menayangkan sejumlah oknum warga berpapasan dengan petugas distribusi logistik Pilkada. Warga menanyakan proses pendistribusian logistik yang diduga tanpa pengawalan ketat aparat kepolisian.

Selain itu, warga juga menyoalkan mobil Bumdes desa setempat yang dipakai para petugas untuk mendistribusikan logistik Pilkada ke salah satu titik Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Baca Juga: Miris, Jatim Tak Miliki Tempat Pengelolaan Sampah

Ketika dikonfirmasi terkait peristiwa itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manggarai Thomas Aquino Hartono memastikan proses distribusi logistik Pilkada dilaksanakan dengan pengawasan ketat aparat kepolisian. Ketua KPU menjelaskan bahwa distribusi logistik Pilkada tidak seperti yang narasikan oleh oknum dalam video viral itu.

“Apapun yang ada dalam itu video kita bisa klarifikasi intinya pendropingan logistik dari Kabupaten ke Kecamatan itu dikawal oleh kepolisian, dari Kecamatan sampai ke Desa juga dikawal oleh kepolisian, begitu juga dari Desa ke TPS juga dikawal oleh kepolisian. Narasi dalam video itu tidak seperti yang dipikirkan,” jelas Thomas Aquino Hartono via WhatsApp, selasa malam.

Thomas menerangkan, “Jumlah TPS di Kabupaten Manggarai 696 TTS. Video itu adalah video pendropingan dari Desa ke TPS. Jadi seperti itu penjelasannya,” tambahnya.

Baca Juga: Tak Ada Pilkada, Jakarta 9 Desember Tetap Libur

Dikonfirmasi terpisah, Koordinator Divisi (Kordiv) Penanganan Pelanggaran, Penindakan, dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Manggarai Fortunatus Hamsah Manah menegaskan bahwa proses distribusi Logistik Pilkada dilaksanakan dengan pengkawalan ketat pihak kepolisian, “Sampai di titik TPS,” tegasnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Ahyar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x